15 Menit Membaca


15 Menit Membaca

15 Menit Membaca

15 Menit Membaca
15 Menit Membaca

SMP IT Daarut Taqwa Kota Bekasi menerapkan program literasi

membaca pada saat jam istirahat bagi siswanya. Lewat membaca, peserta didik diharapkan dapat memiliki ilmu pengetahuan yang lebih.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan SMP IT Daarut Taqwa Kota Bekasi Endang Sulistiyanti mengatakan, literasi membaca pada jam istirahat sudah berjalan sejak dua tahun. Program ini berlaku bagi siswa kelas 7-9.

”Kami tidak mengharuskan siswa untuk membaca di jam istirahat, namun kami berikan edukasi bahwa literasi membaca adalah salah satu literasi baik yang harus diterapkan di dalam diri masing-masing siswa, sehingga keinginan itu akan timbul dengan sendirinya,” ujar Endang kepada Radar Bekasi, Rabu (2/10).

Literasi membaca berlangsung setiap Senin-Jumat pada saat jam istirahat

dengan kurun waktu 15-20 menit. Membaca buku boleh dilakukan di perpustakaan atau halaman sekolah.

Program ini cukup efektif diterapkan. Hal itu terbukti dari banyaknya siswa yang menghabiskan waktu luangnya atau jam kosong untuk membaca.

”(Cukup,red) terlihat perubahannya, siswa lebih banyak menghabiskan waktu kosongnya untuk membaca,” katanya.
Melalui program ini, Endang berharap siswanya lebih meningkatkan membaca buku. Tidak hanya di dalam, tetapi juga diluar lingkungan sekolah,

”Kita berharap siswa bukan hanya giat membaca di sekolah tetapi kita

inginkan program tersebut diterapkan di luar lingkungan sekolah seperti rumah mereka masing-masing,” ujarnya.

Salah satu siswa kelas 9, Naira Carissa Sujatmiko mengaku, membaca buku di Perpustakan dilakukannya setelah makan siang.

”Saya lebih senang membaca pada jam terakhir masuk biar perut keiisi dulu, jadinya enak buat baca apapun. Saya hampir setiap hari baca-baca buku apa aja yang ada di perpustakaan,” ungkap Naira.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/