8 Manfaat Website Untuk Perusahaan, Bisnis dan Sekolah


8 Manfaat Website Untuk Perusahaan, Bisnis dan Sekolah

8 Manfaat Website Untuk Perusahaan, Bisnis dan Sekolah

8 Manfaat Website Untuk Perusahaan, Bisnis dan Sekolah
8 Manfaat Website Untuk Perusahaan, Bisnis dan Sekolah

Apakah kamu mengetahui apa saja manfaat memiliki sebuah website untuk bisnis dan keberlangsungan sebuah usaha?. Tentu saja banyak sekali benefitnya. Untuk para pelaku usaha UKM dan pemula memang patut bersyukur, karena pada saat ini makin banyak pengusaha yang sudah melek internet. Bahkan sudah banyak para pengusaha yang dapat membuat website sendiri serta memiliki tim sendiri untuk mengelola website bisnisnya.

Memang dulunya banyak para pengusaha kecil yang berpikir bahwa memiliki sebuah website untuk bisnis belum terlalu penting. Karena pada saat itu banyak para pengusaha kecil yang berfikir bahwa membuat sebuah website itu mahal serta belum masuk ke dalam anggaran usahanya. Terdapat juga beberapa alasan karena usaha yang dimilikinya tidak menggunakan komputer, maka website belum begitu dibutuhkan.

Berikut ini merupakan 8 alasan mengapa kamu memerlukan sebuah website untuk usaha yang kamu jalani, serta apa saja manfaat website untuk kelangsungan bisnis kamu, tidak peduli apapun jenis bisnis yang kamu jalani.

Manfaat Situs Website Untuk Bisnis dan Perusahaan

Daftar Isi

Manfaat Situs Website Untuk Bisnis dan Perusahaan
1. Menghemat Biaya
2. Selalu Terhubung dengan Pelanggan
3. Meningkatkan Kredibilitas Usaha
4. Market yang Luas
5. Mudah Diakses
6. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
7. Sebagai Sarana Katalog Produk & Jasa
8. Menghemat Waktu

Karena pada saat ini merupakan era informasi, era keterbukaan dan kemudahan dalam berkomunikasi. Simak 8 manfaat website untuk bisnis dan keberlangsungan usaha berikut ini.

1. Menghemat Biaya

Untuk kamu para pemilik usaha kecil, mungkin kamu akan berfikir bahwa kamu belum mampu membuat sebuah website yang profesional. Namun coba kamu bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar. Jika kamu dapat melihat pasar potensial yang dapat kamu capai dengan website, maka itulah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis kamu.

Walaupun biaya membangun sebuah website itu sangat bervariasi. Pada umumnya sebuah website untuk usaha kecil mengeluarkan biaya sebesar Rp500.000 per bulan. Dan tentunya akan jauh lebih murah jika dikonversi kan per tahunan dibandingkan dengan membayar biaya iklan di surat kabar maupun membuat banner, katalog, atau brosur.

2. Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Coba kamu bayangkan bahwa website yang kamu miliki ibaratkan sebagai brosur atau katalog online. Maka kamu akan jauh lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi mengenai produk serta layanan pada website yang kamu miliki dibandingkan dengan menggunakan media cetak. Maka dari itu website merupakan cara yang efektif untuk menginformasikan kepada para pelanggan.

Banyak sekali informasi yang dapat disampaikan melalui website, mulai dari kedatangan produk baru, promosi khusus, acara mendatang, ataupun layanan baru yang sedang kamu tawarkan. Sangat berbeda dengan iklan di media cetak yang cepat menjadi usang. Dengan menggunakan website yang kamu miliki maka kamu dapat memberikan informasi yang selalu update.

3. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Pada saat ini banyak sekali konsumen yang sudah menggunakan internet untuk mencari produk maupun layanan yang mereka butuhkan. Usaha yang kamu geluti akan mendapatkan kredibilitas tinggi dengan memiliki sebuah website. Tanpa adanya website, maka para pelanggan potensial akan pergi ke pesaing kamu yang memiliki website.

Apabila kamu sudah memiliki sebuah website namun masih apa adanya, alangkah lebih baiknya kamu mendesain ulang dengan tampilan yang lebih profesional. Sehingga para konsumen akan mendapatkan kepercayaannya lebih besar terhadap bisnis yang kamu jalankan. Untuk bisnis rumahan, tentu sangat menguntungkan karena kamu tidak perlu memiliki toko offline (toko fisik) untuk mempromosikan produk atau jasa.

4. Market yang Luas

Baik menjual sebuah produk maupun jasa, website merupakan salah satu tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikan produk atau jasa tersebut. Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah website e-commerce atau tokoh online merupakan sebuah tempat yang bagus untuk mempromosikan produk maupun layanan yang kamu miliki ke pasar yang lebih luas. Karena produk kamu dapat diakses dan dilihat secara global.

5. Mudah Diakses

Sebuah website dapat diakses oleh kamu sendiri dan pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Dengan begitu para pelanggan akan lebih nyaman melihat produk dan jasa yang kamu tawarkan ketika toko maupun kantor offline kamu sedang tutup. Gaya hidup yang selalu sibuk pada saat ini, membuat selling point tersendiri untuk para pembeli yang tidak sempat pergi ke toko offline.

6. Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Misalnya kamu memiliki produk yang ramah lingkungan serta ingin berbagi tips mengenai cara mendaur ulang. Atau misal kamu merupakan seorang akuntan dan ingin memberikan nasihat kepada kerajaan kamu mengenai cara penyederhanaan taktik pembukuan.

Nah dengan menambahkan halaman tanya jawab, menulis artikel dan blog, atau info newsletter. Semua itu dapat menjawab pertanyaan para pelanggan kamu serta menjadi tempat sharing untuk kamu dan para pelanggan kamu. Dengan begitu para pelanggan kamu akan selalu update.

7. Sebagai Sarana Katalog Produk & Jasa

Tidak peduli apapun jenis usaha yang kamu jalani, sebuah website merupakan salah satu tempat yang bagus untuk memperlihatkan atau mempromosikan produk, karya, maupun layanan yang kamu miliki. Dengan memasukkan portfolio atau galeri foto produk dan juga testimonial mengenai pekerjaan kamu. Maka kamu dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis kamu unik.

8. Menghemat Waktu

Perlu kamu ketahui bahwa memberikan sebuah informasi kepada para pelanggan tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Baik melalui brosur, melalui telepon, bertatap muka, maupun melalui email. Dengan menggunakan katalog online pada website, maka kamu dapat memberikan banyak sekali informasi mengenai produk dan jasa yang kamu jual dan akan menghemat banyak waktu.

Demikianlah informasi yang dapat mastekno sampaikan mengenai 8 manfaat website untuk bisnis dan kelangsungan usaha yang perlu kamu ketahui. Dengan memiliki sebuah website untuk bisnis, maka kamu akan dimudahkan dalam berbagai macam hal. Mulai dari promosi, penjualan, dan masih banyak lainnya. Semoga dapat bermanfaat.

Sumber:

https://balad.org/bhop-pro-apk/