Apa yang Menyebabkan Buah mampu Matang?

Apa yang Menyebabkan Buah mampu Matang?

Siapa yang punya tanaman berbuah di halaman rumahnya? Entah itu rambutan, mangga, jambu, pisang, tomat, atau barangkali cabai. Biasanya nih, sebelum akan masa panen tiba atau sebelum akan buah masak bersama dengan sempurna, agar buah-buahan tidak gampang di serang hama, dikerjakan proses pencegahan bersama dengan membungkus buah-buahan berikut mengfungsikan kantong plastik, kertas, bahkan karung untuk ukuran buah yang lebih besar. Tapi, dulu nggak sih terlintas di pikiranmu, apa ya yang memicu buah mampu matang?

Ternyata, pematangan buah terpengaruh oleh suatu hormon yang terbentuk dari proses metabolisme tumbuhan itu sendiri, Squad, yakni hormon etilen. Hormon etilen merupakan satu-satunya zat pada tanaman yang berupa gas, agar hormon ini terhitung biasa disebut bersama dengan gas etilen. Selain itu, dikarenakan bentuknya yang layaknya gas, memicu etilen gampang sekali untuk menguap. Saat ini, gas etilen telah banyak diproduksi dalam bentuk kemasan lho dan banyak digunakan oleh para petani untuk menolong dalam pematangan buah.

Perlu kamu ketahui, etilen terhitung tipe senyawa hidrokarbon tak jemu dikarenakan strukturnya terdiri dari unsur atom karbon (C) dan atom hidrogen (H) yang dihubungkan oleh suatu ikatan rangkap. Jumlah atom karbon etilen sebanyak dua buah dan kuantitas atom hidrogennya sebanyak empat buah, agar etilen punya rumus molekul C2H2 bersama dengan nama IUPAC (International Union of Pure plus Applied Chemistry) nya, yakni etena. Sementara itu, etena atau etilena merupakan senyawa alkena yang paling sederhana.

Lalu, apa itu alkena?

Pada pembahasan sebelumnya, kamu telah mengetahui berkenaan dasar-dasar alkana ya, Squad. Jika alkana cuma punya ikatan tunggal antar atom karbonnya, maka alkena punya satu atau lebih ikatan rangkap antar atom karbonnya, nih. Hal inilah yang memicu alkena disebut bersama dengan senyawa hidrokarbon tak jenuh. Perlu kamu ketahui, alkena merupakan senyawa yang relatif stabil, tetapi lebih reaktif dari alkana dikarenakan ikatan rangkap antar karbon yang dimilikinya.

Sekarang, cobalah kamu perhatikan! Gambar di atas menunjukkan susunan alkena yang terdiri dari dua atom karbon yang dihubungkan bersama dengan ikatan rangkap dua (ditunjukkan bersama dengan warna biru). Akibatnya, masing-masing atom karbon itu bakal mengikat dua atom hidrogen dikarenakan setiap atom karbon cuma punya empat elektron valensi (ditunjukkan bersama dengan warna putih).

Sehingga, rumus lazim alkena adalah CnH2n. Wah, ternyata tipe alkena nggak cuma etena saja, ya. Masih banyak jenis-jenis alkena yang lain. Akan tetapi, tipe alkena yang paling besar dan banyak diproduksi dalam bidang industri adalah etena. Ya, tidak benar satu contohnya adalah gas etilen yang kita bahas sebelumnya.

Eits! Tapi, tahukah kamu, etilen tidak cuma berfungsi untuk menolong pematangan buah saja, lho! Masih banyak kegunaan etilen yang digunakan dalam bidang lainnya.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/