Apakah Down Syndrome Akibat Penyakit Keturuna

Apakah Down Syndrome Akibat Penyakit Keturunan

Apakah Down Syndrome Akibat Penyakit Keturunan

Apakah Down Syndrome Akibat Penyakit Keturuna

Apakah Down Syndrome Akibat Penyakit Keturuna

Ibu yang dirahmati Allah SWT, anak saya yang kedua semenjak lahirnya sangat diam. Itu terlihat dari kurangnya merespon sentuhan-sentuhan yang saya berikan sebagai ibunya. Ketika usianya 4 bulan saya menarik kedua tangannya ke atas untuk melatih gerakan-gerakan badannya, namun kepalanya tidak ikut merespon terangkat hanya lemah terkulai. Kemudian pada usia 8 bulan badannya pun masih sangat lemas tidak seperti kakaknya. Pada saat usia 8 bulan kakaknya sudah bisa merangkak dan duduk.

Akhirnya saya membawanya ke Rumah Sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Setelah diperiksa akhirnya saya dirujuk ke klinik tumbuh kembang anak yang melayani penanganan anak-anak luar biasa. Saya sempat tersinggung dan marah, namun karena penasaran dengan apa yang terjadi dengan buah hati saya maka saya pun menjalani saran dokter untuk memeriksakan anak saya lebih lanjut. Dan dari hasil assesmentnya anak saya didiagnosa mengidap down syndrome.

Adapun hal yang ingin saya tanyakan adalah apakah down syndrome yang dialami oleh anak saya akibat penyakit keturunan? Karena kebetulan di keluarga suami ada yang menderita down syndrome. Apakah down syndrome bisa disembuhkan? Mengingat usia anak saya yang saat ini masih balita. Kemudian terapi apa saja yang tepat untuk diberikan agar anak saya bisa sembuh?

 

Down syndrome adalah salah satu penyakit yang bisa disebabkan oleh faktor genetis (keturunan) dimana salah satu dari keluarga pasangan suami atau istri ada yang mengidap penyakit yang sama. Kemungkinan ini bisa terjadi sekitar 70-80%. Down syndrome sendiri terjadi dikarenakan adanya kromosom abnormalitas pada saat pembuahan terjadi (ini terjadi pada masa prenatal/di dalam kandungan). Penyebab lainnya bisa juga karena si Ibu terkena infeksi pada saat kehamilan, bayi kekurangan nutrisi di awal kehidupannya, terkena bahan kimia yang beracun pada saat kehamilan. Sementara untuk penyebab terjadinya down syndrome pada saat masa kelahiran bisa disebabkan karena kelahiran anoxia (kehilangan oksigen), luka pada otak, dan lainnya.

Bunda Adi, down syndrome adalah jenis penyakit yang terjadi lebih kepada kerusakan otak, di samping juga dengan cirri-ciri fisik yang nampak (wajah mongoloid, koordinasi gerakan anggota tubuh yang kurang baik). Untuk kesembuhan secara total umumnya memang sampai saat ini belum ditemukan. Tetapi banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir kesulitan-kesulitan yang terjadi akibat penyakit yang ananda derita tersebut. Dengan berbagai teraphy yang diberikan Insya Allah ananda dapat hidup wajar dengan anak-anak lainnya yang normal.

Sumber : https://www.pressnews.biz/@theeacher/dosenpendidikan-releases-abrand-new-article-onthe-respiratory-system-of-different-animals-p43k74kja3bj