Bank Sentral


Bank Sentral

Bank SentralBank Sentral

Pengertian Bank Sentral adalah lembaga keuangan perbankan yang berbentuk badan hukum. Sebagai sebuah bank, maka bank sentral mempunyai beberapa kesamaan dengan bank pada umumnya, antara lain adalah:

  1.   Melakukan fungsi intermediasi

Sebagai fungsi intermediasi, bank sentral dapat memberikan kredit kepada bank-bank komersial, khususnya melalui fasilitas diskonto.

  1.  Mengumpulkan dana

Dana yang dikumpulkan bank sentral ada yang bersifat wajib dipenuhi oleh bank komersial dan ada yang dilakukan melalui mekanisme pasar. Dana yang bersifat wajib adalah Giro Wajib Minimum (GWM), sedangkan dana yang dikumpulkan melalui mekanisme pasar misalnya melaui penjualan Sertifikat Bank Central (SBI)

  1. Asetnya didominasi oleh aset finansial
  2. Motivasi utama pendirian Bank Sentral bukanlah memperoleh laba

Bank sentral didirikan untuk menjaga stabilitas sektor moneter yang sangat menopang satbilitas perekonomian. Namun bukan berarti bank sentral tidak dapat memperoleh laba.

  1. Mempunyai hak monopoli mengedarkan uang kertas dan logam

Kegiatan mencetak dan atau mengedarkan uang kertas dan logam hanya boleh dilakukan oleh bank sentral. Selain itu, bank sentral juga mempunyai hak menarik dari peredaran uang kertas dan logam yang lama atau dinyatakan tidak berlaku lagi.

  1.   Berkedudukan di ibu kota negara
    Sumber :https://carbomark.org/google-akan-bundel-pixel-2-dengan-earphone/