Cara Agar Wi-Fi tidak Mudah Dibobol Orang


Cara Agar Wi-Fi tidak Mudah Dibobol Orang

Cara Agar Wi-Fi tidak Mudah Dibobol Orang

Wi-Fi atau jaringan nirkabel menawarkan kemudahan dalam menjelajah dunia maya.

Mudah karena tanpa memakai perangkat kabel serta menghemat kuota/data internet. Tetapi terkadang dengan gratisnya mengakses internet via Wi-Fi, banyak yang mencuri jaringan internet meski Wi-Fi sudah dipassword.

Dengan dibobolnya Wi-Fi bukan hanya bisa mengakses internet cuma-cuma, melainkan dapat membahayakan keamanan komputer yaitu si ‘maling jaringan’ bisa mengintip data/file pribadi.

Lantas bagaimana caranya mencegah Wi-Fi agar tidak bisa mudah dibobol? Telegraph melansir cara mengamankan Wi-Fi dari hacking password Wi-Fi.

# Rutin mengganti password Wi-Fi

Langkah awal yaitu dengan mengganti Password Wi-Fi. Caranya melalui pengaturan router

/modem/smartphone milik Anda. Sebelum merubah kata sandi, Anda terlebih dulu login ke router. Namun, setiap router berbeda-beda caranya, tergantung tipe atau jenisnya. Password tersebut sebaiknya kata yang mudah diingat, namun sulit untuk dibobol. Bisa dengan mengkombinasikan huruf kapital, huruf kecil maupun angka.

# Cek pengguna Wi-Fi

Sebagai server, tentu Anda bisa melihat siapa saja yang memakai Wi-Fi milik Anda.

Jika menggunakan smartphone, Anda bisa lihat siapa yang mengakses internet via Wi-Fi smartphone. Jika Anda ingin memblokir, tinggal blocked user atau pemakai. Sedangkan di router biasanya terlihat siapa saja yang sedang memakai Wi-Fi. sekiranya dari sekian pemakai ada yang mencurigakan, Anda tinggal diskonek dia.

 

sumber :

http://groupspaces.com/Education30/pages/food-court-fever-apk