Cara Jumper Aki Mobil Dari Aki Mobil Lain Dengan Mudah


Jika mobil bekas kita mogok dampak aki soak, maka di antara trik yang umum dilakukan ialah dengan mengerjakan jumper aki mobil lainnya.

Meski begitu, masih tidak sedikit pengemudi yang belum mengerti teknik melakukan jumper aki mobil dari satu mobil ke mobil lainnya. Pada umumnya, sebelum mengerjakan hal ini yang kita butuhkan ialah kabel jumper.

Nah, guna mendapatkan kabel jumper, Anda bisa membelinya di toko perkakas atau aksesori mobil. Harganya pun lumayan beragam, tergantung kualitas kabel, panjang, serta bahan baku penjepitnya.

“Kalau mau mengerjakan jumper mobil sih baiknya memakai kabel jumper saja. Sebab, bila pakai alat beda bisa riskan dan malah akan menciptakan korslet,” ucap di antara teknisi bengkel di distrik Pasar Minggu.

Berikut ini ialah beberapa langkah-langkah yang dapat Anda kerjakan untuk mengerjakan jumper aki mobil, antara beda yaitu:

1. Menyambungkan di antara ujung kabel merah ke terminal positif aki yang sudah soak

2. Menyambungkan ujung kabel merah yang beda ke terminal positif yang ada pada aki donor

3. Menyambungkan di antara ujung kabel hitam ke terminal negatif yang ada pada aki donor

4. Menyambungkan ujung kabel hitam lainnya ke komponen metal yang padat, stasioner, dan terbuka. Pada lazimnya ada di unsur depan baut dudukan mesin.

5. Menghidupkan mesin aki donor dan membiarkannya sejumlah saat. Setelah tersebut hidupkan mobil yang akinya soak tersebut.

6. Melepaskan kabel jumper secara hati-hati dengan urutan dari bawah ke atas (4-3-2-1).

Lalu bagaimana andai mobil Anda sulit distarter ketika dijumper?

Jika mobil yang sudah Anda jumper ternyata sulit untuk di starter atau terasa berat ketika dijumper, maka penyebabnya kemungkinan ialah karena perbedaan yang gampang kelihatan antara spesifikasi mesin mobil kita dengan mobil yang dijadikan sebagai sumber listrik.

Jika mobil yang Anda pakai berjenis SUV berkapasitas 2.000 cc dan dijumper memakai mobil MPV berkapasitas 1.500 cc, bisa jadi starter hidup masih bisa. Namun, bila dijumper memakai mobil berjenis hatchback berkapasitas 1.200 cc, maka pasti akan terasa berat.

Sebab, walau sama-sama bervoltase 12 V, aki mobil berjenis hatchback di desain guna menghidupkan mesin berkapasitas 1.200 cc juga. Karena itu, usahakan kita benar-benar menyimak sumber aki mobil yang bakal Anda gunakan supaya tidak ikut tekor.

Sumber : https://edukasip.artstation.com/blog/vyWW/seva-mobil-bekas-real-original-astra-product