Cara Membunuh Pohon Bambu Tanpa Membakar Rumpunnya


Cara Membunuh Pohon Bambu Tanpa Membakar Rumpunnya

Cara Membunuh Pohon Bambu Tanpa Membakar RumpunnyaCara Membunuh Pohon Bambu Tanpa Membakar Rumpunnya

Belakangan banyak orang mencari cara membunuh pohon bambu ataupun cara membasmi bambu liar dengan berbagai alasan. Pohon beruas ini sebenarnya memiliki beragam manfaat bagi kehidupan sehari – hari dan bernilai ekonomis tinggi. Namun terkadang banyak juga yang bermaksud untuk membasmi pohon bambu karena ingin membersihkan lahan, menggangu perkebunan, rumpun bambu terlalu besar dll. Untuk membunuh pohon bambu dapat dilakuan dengan berbagai cara, mulai dari cara yang memerlukan kerja extra sampai dengan menggunakan obat-obatan kimia.

Cara Membunuh Bambu Tanpa Membakar Rumpunnya

Secara umum pohon bambu dapat di basmi dengan cara menebang seluruh batang pohon bambu sampai rata. Selanjutnya anda bisa menggali rumpun bambu sampai ke akarnya untuk membersihkan sisa akar sehingga bambu tidak tumbuh kembali. Namun cara ini termasuk cara yang cukup melelahkan dan juga memakan banyak waktu. Cara lainnya adalah dengan membakar sisa rumpun bambu. Tapi cara ini sering kali menimbulkan resiko kebakaran lahan dan merugikan. Ada beberapa cara memusnahkan rumpun bambu tanpa harus dibakar. Berikut adalah cara membasmi pohon bambu tanpa harus membakar rumpun bambu.

cara membunuh pohon bambu

Membasmi Pohon Bambu Dengan Bahan Alami

Membusukkan pohon bambu dengan ampas kelapa menjadi cara pertama. Pohon bambu yang sudah ditebang akan menyisakan rumpun yang bila dibiarkan maka bambu akan kembali bertunas. Jika anda tidak ingin itu terjadi, taburkanlah ampas kelapa pada bagian pangkal pohon sisa pemotongan. Ampas kelapa berfungsi untuk membusukkan sisa batang bambu sampai benar-benar mati.
Artikel terkait : Cara Membunuh Pohon Bambu Tanpa Membakar Rumpunnya

Berbagai Macam Jenis Jenis Tanaman Palawija
Palawija berasal dari bahasa sansekerta yang memi …

Cara Mencangkok Tanaman Dengan Benar
Mencangkok tanaman adalah salah satu teknik perke …

Cara Kedua adalah dengan menggunakan daun dari kemangi. Kemangi memang sudah cukup dikenal bisa menjadi pestisida nabati / pestisida alami. Cara membunuh pohon bambu dengan kemangi hampir sama dengan cara membasmi pahon bambu dengan mengunakan ampas kelapa. Setelah pohon bambu ditebang habis, selanjutnya tinggal di taburkan pada rumpun pohon bambu.

membunuh pohon bambu dengan daun kemangi

Cara Lain Membunuh Pohon Bambu

Pada artikel cara membunuh pohon besar sudah dijelaskan bahwa herbisida dapat membunuh pohon tanpa harus ditebang. Nah selain untuk pohon besar, ternyata herbisida juga bisa digunakan untuk membunuh rumpun pohon bambu. Penggunaan herbisida pada pohon bambu pun tidak sulit. Cukup menyiramkan cairan herbisida ke area sekitar rumpun bambu. Sifat herbisida yang mudah terserap akan mempercepat proses pembasmian pohon bambu.

Soda api juga bisa digunakan untuk membunuh pohon bambu, cukup ditaburkan pada rumpun pohon bambu lalu disiram dengan air bersih. Namun cara ini cukup beresiko dan tidak disarankan. Soda api bersifat korosif dan akan menimbulkan efek panas jika terkena kulit. Jika anda memutuskan untuk membasmi bambu dengan soda api, maka gunakanlah pelindung seperti sarung tangan untuk menghindari efek dari soda api.

Pohon bambu memang termasuk tanaman yang mudah tumbuh, tak jarang mereka tumbuh pada area yang tidak kita inginkan. Dibalik manfaatnya yang beragam terkadang pohon bambu pun dapat menjadi gulma terutama pada area perkebunan sawit. Mungkin beberapa cara membunuh bambu tersebut dapat menjadi solusi atas permasalahan tanaman bambu liar. Selamat mencoba !

RECENT POSTS