Cara Menghilangkan Trauma (No. 8 Paling Efektif)


Cara Menghilangkan Trauma (No. 8 Paling Efektif)

Saat mengalami kejadian yang amat menyedihkan atau mengancam nyawa, perihal itu dapat membawa dampak seseorang mengalami problem psikis. Apabila problem psikis ini tidak ditangani dengan langsung maka dapat membawa dampak traumatis. Lantas, bagaimana langkah menyingkirkan trauma yang efektif? Simak penjelasan lengkap berkenaan trauma healing selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Trauma yang Paling Efektif
Sebelum menyebutkan berkenaan langkah yang dapat ditunaikan untuk melakukan trauma healing, mesti diketahui bahwa seseorang yang mengalami kejadian traumatis kebanyakan merasa syok, takut, sedih, dan kuatir terlalu berlebih secara berkepanjangan. Reaksi tiap-tiap orang dapat berbeda-beda meskipun hadapi kejadian traumatis yang sama.

Berikut ini adalah beberapa langkah menyingkirkan trauma yang dapat dilakukan, di antaranya:

1. Amati Pengalaman dengan Baik
Cara menyingkirkan trauma yang pertama adalah amati dengan baik pengalaman trauma yang sudah dilewati. Biarkan diri Anda paham pikiran, perasaan, dan pengalaman batin dengan lebih mendalam.

Dengan catatan, Anda tidak mesti menggali lebih di dalam kenapa perihal ini dapat terjadi. Hal yang mesti ditunaikan adalah melepaskan diri lebih terbuka pada segala sesuatu yang singgah kepada Anda.

Mulailah dengan hadapi apa yang tidak dapat Anda tolak. Cara ini menunjang menyelami pengalaman sendiri, coba untuk menempatkan diri seolah-olah Anda adalah seorang pengamat.

2. Bersikap Welas Asih
Setelah mengamati pengalaman dengan pandangan seorang pengamat, langkah menyingkirkan trauma berikutnya adalah dengan menumbuhkan rasa empati atas apa yang Anda alami. Hal ini barangkali dapat menimbulkan rasa kasihan pada diri sendiri, dapat tetapi ini adalah perspektif yang membawa dampak Anda terima suasana secara menyeluruh.

Sebagai contoh, kala Anda memperoleh perlakuan yang tidak menyenangkan selama masa anak-anak dari orang tua, perihal itu dapat membawa dampak Anda trauma, tetapi kala Anda tumbuh dewasa, perasaan negatif ini beralih menjadi ‘lebih baik’ gara-gara Anda mempunyai perspektif yang tidak serupa dengan yang orang tua Anda melakukan dulu.

3. Mengambil Waktu Istirahat
Langkah yang dapat ditunaikan untuk trauma healing berikutnya adalah melakukan upaya untuk menambah kesadaran diri dan tidak memaksakan diri untuk melakukan suatu perihal di dalam satu waktu. Ada banyak langkah untuk menenangkan diri. Cobalah studi fokus pernapasan dengan menghirup dan menghembuskan napas secara mendalam.

Napas di dalam atau fokus pada napas dapat menunjang menenangkan anggapan dan membawa dampak Anda rileks. Fokuskan perhatian pada pernapasan atau pada bagian tubuh lain pas Anda bermeditasi. Cara ini dapat menjaga otak dari stres.

4. Menuliskan Perasaan
Menuliskan pengalaman traumatis yang pernah Anda alami dapat menjadi langkah menyingkirkan trauma yang efektif. Apabila Anda merasa sungkan untuk bercerita kepada orang lain, coba untuk menyalurkannya lewat tulisan.

Meski awalnya perihal ini membawa dampak Anda tidak merasa nyaman, tetapi bersamaan berjalannya waktu, Anda dapat lebih rileks di dalam menuangkan perasaan lewat tulisan. Dengan menulis Anda dapat mengeksplorasi anggapan dan perasaan terdalam tentang hal-hal traumatis yang pernah dialami.

5. Tetap Jalankan Rutinitas Seperti Biasa
Saat seseorang mengalami trauma, kehidupan sehari-harinya dapat terganggu. Agar perihal ini tidak terjadi, trauma healing yang ringan ditunaikan yakni coba untuk selamanya mobilisasi tradisi seperti biasa sesegera mungkin. Melakukan ulang tradisi dapat menunjang memperoleh ulang kendali atas hidup Anda.

6. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri
Cara menangani trauma ini kerap kali terlewatkan oleh mereka yang tengah diliputi rasa traumatis. Mengasihani diri sendiri secara konsisten justru dapat membawa dampak penyakit di dalam diri. Jika Anda terima apa yang terjadi, maka pemulihan diri dari trauma dapat lebih mudah.

7. Jangan Mengisolasi Diri
Jika Anda mempunyai kejadian traumatis, langkah menyingkirkan trauma yang dapat ditunaikan adalah dengan menemui rekan atau keluarga. Jangan berdiam diri saja di di dalam kamar, bicarakan masalah yang Anda alami dengan orang terdekat, barangkali saja mereka mempunyai perasaan yang sama.

Buka jalan komunikasi dengan orang-orang paling dekat sesegera barangkali sehabis kejadian traumatis. Ini adalah bagian mutlak dari pemulihan suasana mental yang Anda alami.

8. Olahraga
Beberapa pakar mengutarakan bahwa langkah menyingkirkan trauma yang paling efisien beserta dampak sampingnya adalah dengan olahraga. Peregangan ringan dan terjadi adalah pilihan yang tepat. Namun, jangan memaksakan untuk melakukan banyak gerakan. Jika Anda lelah, langsung istirahat.

9. Menghadapi Ketakutan
Dibutuhkan keberanian untuk terus maju di dalam hadapi rasa sakit dan kegalauan yang Anda alami. Cara menyingkirkan trauma yang satu ini adalah langkah yang tidak ringan bagi beberapa orang gara-gara langkah ini mengharuskan Anda mengingat ulang kejadian traumatis yang pernah dialami.

Saat Anda mengingat ulang kejadian-kejadian yang tidak menyenangkan tersebut, kala bersamaan Anda terhitung mengusahakan untuk melawan rasa was-was yang menyertainya. Cara menangani trauma ini dapat menunjang mengendalikan apa yang dirasakan secara bertahap. Bayangkan bahwa Anda dapat menghadapinya dan melawan rasa was-was tersebut.

Sebagai contoh, terkecuali Anda mempunyai trauma melalui jembatan, coba untuk menyeberang di jembatan. Cara menyingkirkan trauma ini tidak mesti ditunaikan tiap tiap hari, lakukanlah sekurang-kurangnya dua kali di dalam seminggu. Jika Anda sudah miliki kebiasaan hadapi trauma, maka secara otomatis trauma dapat hilang dengan perlahan.

10. Melakukan Terapi
Cara menyingkirkan trauma yang cukup efisien lainnya adalah dengan terapi. Terapi yang dapat Anda memakai adalah terapi somatik dan terapi kognitif perilaku.

Terapi somatik memiliki tujuan untuk menambahkan sensasi pada tubuh yakni dengan berfokus untuk menghasilkan getaran, tangisan, atau pelepasan tanda-tanda fisik lainnya yang membawa dampak tubuh dan anggapan membaik.

Sedangkan untuk terapi kognitif perilaku, evaluasi perasaan dan anggapan orang yang mengalami trauma diperlukan. Cara menangani trauma ini dipercaya dapat memulihkan perasaan trauma. Jika terapi ini dikombinasikan dengan terapi somatik maka proses pengobatan trauma dapat terjadi efektif.

11. Makanan yang Sehat
Makanan yang Anda makan dapat menambah atau memperburuk suasana hati dan mempengaruhi kemampuan Anda untuk menangani traumatis. Makan makanan yang penuh dengan karbohidrat olahan atau makanan ringan tinggi gula dapat memperburuk tanda-tanda trauma.

Sebaliknya, mengkonsumsi makanan yang kaya dapat buah dan sayuran segar, protein memiliki kualitas tinggi, dan lemak sehat, lebih-lebih asam lemak omega-3, dapat menunjang menangani suasana hati menjadi lebih baik.

12. Bergabunglah dengan Support Grup
Membicarakan apa yang Anda alami dengan orang lain yang mempunyai pengalaman yang serupa dapat menunjang menangani trauma. Support kelompok dapat berikan Anda tips berkenaan bagaimana menyingkirkan trauma.

13. Mencari Bantuan Profesional
Jika beberapa langkah menyingkirkan trauma seperti di atas sudah dilakukan, tetapi kesedihan atau kegalauan masih terjadi, bahkan mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, sebaiknya langsung temui profesional kesegaran mental untuk dapat menunjang menangani suasana yang dialami.

Nah, itulah beberapa langkah menyingkirkan trauma yang dapat Anda coba. Pada akhirnya, trauma healing di masa selanjutnya yang paling utama adalah mengakuinya. Setelah Anda mengenalinya, kembangkan kesadaran diri yang penuh kasih sayang dan sikap toleransi terhadapnya.

Perlu diketahui, langkah Anda terjalin dengan diri sendiri dan rasa sakit tidak dapat mengubah masa lalu, dapat tetapi dapat mengubah langkah pandang dan membawa dampak hidup Anda jauh lebih positif.

Artikel Lainnya : teknik dasar sepak bola

Baca Juga :