Definisi Administrasi Peserta Didik


Definisi Administrasi Peserta Didik

Definisi Administrasi Peserta Didik

Definisi Administrasi Peserta Didik

Administrasi diartikan

sebagai suatu kegiatan atau usaha untuk membantu, melayani, mengarahkan atau mengatur semua kegiatan didalam mencapai suatu tujuan. Fungsi administrasi adalah perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, komunikasi, supervise dan evaluasi. Dalam administrasi pendidikan salah satu ruang lingkup administrasi pendidikan adalah administrasi peserta didik.

Administrasi peserta didik meliputi :

  1. a)Organisasi dan perkumpulan peserta didik
  2. b)Masalah kesehatan dan kesejahteraan peserta didik
  3. c)Penilaian dan pengukuran kemajuan peserta didik
  4. d)Bimbingan dan penyuluhan bagi peserta didik (guidance and counseling).

Administrasi peserta didik adalah proses pengurusan serta layanan dalam hal-hal yang berkaitan dengan murid di suatu sekolah mulai dari perencanaan penerimaan murid baru, pembinaan selama murid berada di sekolah, sampai dengan murid menamatkan pendidikannya.

Administrasi peserta didik dilaksanakan melalui upaya menciptakan suasana yang kondusif untuk terjadinya proses belajar yang efektif. Tugas kepala sekolah dan para guru adalah memberikan layanan dengan memperlihatkan apa yang dibutuhkan, dirasakan dan dicita-citakan murid dalam batas kewenangan, keinginan serta peraturan dan ketentuan sekolah yang berlaku.

Administrasi peserta didik merupakan kegiatan pencatatan murid dari proses penerimaan hingga murid tamat dari sekolah atau keluar karena pindah sekolah atau sebab lain.


Sumber:

https://haciati.co/travian-apk/