faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pernafasan

Definisi frekuensi pernapasan:

Frekuensi respirasi adalah intensitas udara masuk dan keluar dari tubuh ke tubuh atau dari luar tubuh per menit per menit. Secara umum, intensitas pernapasan manusia berada dalam kisaran 16 hingga 18 kali.

1. Usia
Bayi memiliki frekuensi bernapas lebih cepat daripada orang tua. Seiring bertambahnya usia, intensitas pernapasan Anda akan menurun.

seks
Pria bernapas lebih cepat daripada wanita.

Suhu tubuh
Semakin tinggi suhu tubuh (demam), semakin cepat frekuensi bernafas.

Sikap
Frekuensi respirasi meningkat ketika berjalan atau berlari dibandingkan dengan posisi diam. Frekuensi bernapas posisi berdiri lebih cepat daripada posisi duduk. Frekuensi bernapas posisi tidur secara signifikan lebih cepat daripada posisi tengkurap.

5. Aktivitas
Semakin tinggi aktivitas, semakin cepat frekuensi pernapasan.

Manusia terus menerus memasok oksigen untuk proses respirasi sel dan perlu menghilangkan kelebihan karbon dioksida sebagai produk limbah beracun dari proses tersebut.

Pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida

terjadi sehingga proses respirasi sel berlanjut. Oksigen yang dibutuhkan untuk proses pernapasan sel ini berasal dari atmosfer. Dan ia menyediakan 21% kandungan gas oksigen dari semua gas yang ada. Oksigen masuk ke tubuh melalui alat bantu pernapasan eksternal. Pada manusia, alveoli paru berfungsi sebagai permukaan pertukaran gas.

Cara bernafas:

  • 1. Udara masuk dari lubang hidung
    2 .Lewati nasofaring
    3. Lulus tautan lisan

Lewati glottis
Masukkan trakea
Silakan masukkan cabang trakea yang disebut bronkial
Silakan masukkan cabang bronkial yang disebut cabang bronkial

7. Udara berakhir di ujung bronkus dalam bentuk busa yang disebut alveoli (bentuk jamak: alveolar)

Pertukaran udara aktual hanya dilakukan di alveoli. Ada sekitar 300 juta alveoli di paru-paru orang dewasa dan luas permukaan sekitar 160 meter persegi, sekitar 1 kali lapangan tenis, atau sekitar 100 kali kulit.
Hidung (hidung)

Hidung adalah organ pernapasan yang melaluinya udara luar lewat terlebih dahulu. Di rongga hidung ada rambut dan selaput lendir yang membantu menyaring udara yang masuk. Lendir membantu melembabkan udara. Kemudian, untuk setiap nafas untuk menyembunyikan udara

Tekak

Faring adalah cabang dari dua saluran, yang salurannya adalah saluran pernapasan (nasofaring) dan esofagus (rongga mulut) yang merupakan saluran pencernaan.

Laring (akar tenggorokan)

Ini adalah dasar dari saluran pernapasan. Laring pada tulang rawan dalam bentuk lempeng, membentuk struktur Adam. Di atas laring ada katup (epiglotis) untuk menutup ketika tertelan. Katup membantu mencegah makanan dan minuman memasuki saluran pernapasan. Di dasar kerutan ada film suara. Jika udara berhembus dari paru-paru, membran suara bergetar

Sumber : https://rumusbilangan.com/