Faktor Kegagalan Kepemimpinan


Faktor Kegagalan Kepemimpinan

Faktor Kegagalan KepemimpinanFaktor Kegagalan Kepemimpinan

Organisasi seperti mobil. Mereka tidak berjalan sendiri, kecuali menurun. Mereka membutuhkan orang untuk membuatnya bekerja. Dan bukan sembarang orang, tetapi orang-orang yang tepat. Efektivitas kepemimpinan organisasi menentukan bagaimana mesin dari organisasi akan berperforma. Sayangnya, tidak semua eksekutif adalah teladan baik untuk tipe kepemimpinan. Beberapa pemimpin menunjukkan sisi irasional yaitu sisi bayangan negatif yang dapat mempengaruhi orang lain dalam organisasi dan bahkan, dalam kasus yang ekstrim, menurunkan organisasi itu sendiri.

Faktor Sukses Kepemimpinan
Faktor keberhasilan dari kepemimpinan merupakan unsur-unsur tertentu yang sangat dihargai untuk mendapatkan hasil terbaik. Ini cenderung mencerminkan lima unsur utama yang meliputi, visi bersama, sikap, komitmen, saling percaya, dan kerjasama tim. 

Jika diterapkan dan dipantau secara konsisten dan bijaksana, faktor-faktor penting keberhasilan akan memungkinkan tim mana pun untuk mencapai kemampuan tingkat tinggi. Masing-masing memiliki dampak pada proses utama yaitu: inovasi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan pelaksanaan. Proses ini adalah cara tim menerapkan kemampuannya untuk mendapatkan hasil produk yang baik.

KARAKTERISTIK PEMIMPIN YANG BAIK

1. Kesadaran Diri.
Memiliki pengetahuan yang mendalam tentang keadaan emosi batin dalam diri sendiri dan mengetahui kekuatan serta kelemahan yang ada dalam diri. Mengetahui apa yang sedang dikerjakan dan tahu kapan harus bekerja. Mengetahui kemampuan dan keterbatasan Anda, untuk mendorong kita mencapai potensi maksimum yang ada didalam diri.

2. Arahan diri sendiri.
Anda tentu tahu bagaimana untuk menyelesaikan sesuatu, bagaimana mengatur tugas dan bagaimana untuk menghindari penundaan. Mengetahui bagaimana  menenangkan diri saat marah. Dapat membuat keputusan dengan cepat bila diperlukan.

3. Memiliki Visi.
Bekerja menuju tujuan yang lebih besar dari diri sendiri. Ini bisa menjadi sesuatu yang kecil, seperti keberhasilan tim, atau visi yang lebih besar seperti perdamaian dunia. Bekerja menuju visi jauh lebih inspiratif daripada bekerja menuju keuntungan pribadi.

4. Kemampuan untuk Memotivasi.
Pemimpin tidak memimpin dengan memberitahu orang apa yang harus mereka lakukan. Sebaliknya, pemimpin membuat orang bersedia membantunya. Bagian penting dari ini adalah budaya keinginan Anda untuk membantu orang lain. Ketika orang lain merasakan bahwa Anda membutuhkan bantuan, pada saatnya mereka akan bersedia membantu.

5. Kesadaran sosial
Memahami jaringan sosial dan pengaruh utama dalam jaringan sosial adalah bagian penting lain dari kepemimpinan. Mengetahui siapa di organisasi yang paling memiliki pengaruh, baik secara resmi dan tidak resmi? Siapa yang menggerakkan hati kelompok? Ini adalah beberapa karakteristik yang paling penting dari pemimpin.


Baca juga: