natrium sitrat

Fungsi Natrium Sitrat Pada Makanan

Natrium Sitrat

Keasaman regulator, atau agen kontrol pH, aditif makanan yang ditambahkan untuk mengubah layanan atau mempertahankan pH (keasaman atau alkalinitas). Zat ini dapat berupa asam atau basa organik, mineral, zat penetral atau zat penyangga.

Keasaman regulator E ditunjukkan oleh jumlah mereka, seperti E260 (asam asetat), atau hanya disebut sebagai “makanan asam”.
Pengatur keasaman yang umum digunakan adalah asam sitrat, asam asetat dan asam laktat.
Sodium sitrat mengacu pada garam natrium dari asam sitrat: monosodium sitrat, dinatrium sitrat dan ketiga trisodium sitrat dari bentuk garam ini juga secara kolektif dikenal sebagai aditif makanan untuk nomor E E331.

Makanan dan minuman
Sodium sitrat kadang-kadang digunakan sebagai pengatur keasaman dalam minuman dan juga sebagai pengemulsi minyak selama produksi keju. Sodium sitrat memungkinkan keju meleleh tanpa menjadi lemak. Tampilan berikut mengutip dari Modernis Cuisine:
“Versi modern kami tentang kimia mac dan keju dalam utang kepada James L. Kraft, orang yang pertama kali mematenkan sepotong keju Amerika pada tahun 1916. Ia membuktikan bahwa natrium fosfat menahan air dan lemak yang menetes melelehkan keju dengan berbagai penggunaan Kami menggunakan natrium sitrat, yang memiliki efek yang sama dan lebih mudah ditemukan. Campuran yang dihasilkan selembut keju Amerika meleleh, tetapi karena rasanya kompleks dan intens seperti semua keju favorit Anda. “

Mononatrio sitrat
Sitrat mononodat atau natrium dihidrogen sitrat adalah garam asam dengan rumus kimia NaH2C6H5O7 atau C3H4OH (COOH) 2COONa. Karena itu memiliki dua titik yang tetap terbuka bagi anion.
Garam sitrat yang memiliki rumus molekul C6H7NaO7 dengan berat molekul 214,11 g / mol digunakan sebagai seizure yang relatif kuat. Monosodium sitrat ini digunakan untuk mencegah agregasi trombosit dalam sampel darah. Garam sitrat juga merupakan salah satu dari tiga bagian asam sitrat.

Nama lain Mononodium sitrat adalah natrium dihidrogen 2-hidroksipropana-1,2,3-tricarboxylic.

produksi
Monosodium sitrat (monosodium sitrat) dapat dibuat dengan reaksi langsung natrium karbonat atau bikarbonat dengan sitrat, reaksinya adalah:

NaHCO3 (s) + C6H8O7 (aq) → NaC6H7O7 (aq) + CO2 (g) + H2O (l)

Sumber : https://rumus.co.id