Fungsi Perpustakaan di Sekolah


Fungsi Perpustakaan di Sekolah

Perpustakaan Sekolah merupakan Perpustakaan yang berada didalam area sekolah yang tugasnya menyediakan, menata, dan menjaga kebersihan dan kualitas buku yang tujuannya dijadikan sebagai sarana pendukung pembelajaran siswa,serta untuk menambah wawasan siswa mengenai barbagai disiplin-disiplin ilmu dan informasi

1)      Perpustakaan sebagai Fungsi Pendidikan

Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah pengetahuan atau mempelajari kembali materi-materi pelajaran yang telah diberikan oleh guru dikelas.

2)      Perpustakaan sebagai Fungsi Informasi

Perpustakaan berfungsi sebagai tempat mencari informasi yang berkenaan dengan pemenuhan rasa ingin tahu siswa dan guru.

3)      Perpustakaan sebagai Fungsi Rekreasi

Perpustakaan memberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk menikmati bahan yang ada.

4)      Perpustakaan sebagai Fungsi Penelitian

Perpustakaan berfungsi sebagai jawaban terhadap berbagai pertanyaan ilmiah.

Fungsi Perpustakaan ini diambil dari buku “Profesi Keguruan”, hal: 200, Prof. Soetjipto dan Drs. Raflis Kosasi, M. Sc, Penerbit: Rineka Cipta.

1. Standar  Perpustakaan Sekolah yang Baik dan Berkualitas

Menurut Drs. Darmono m.Si, dalam bukunya yang berjudul Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa (2007 : 33)

  1. a)      Kelengkapan Buku

Suatu Perpustakaan dikatakan baik dan berkualitas apabila buku-buku yang ada di dalamnya dapat memenuhi kebutuhan siswa baik untuk sarana pembelajaran maupun wawasan tambahan, meliputi :

  • Buku Pelajaran Sekolah
  • Buku Ilmu Pengetahuan
  •       Buku Cerita atau Fiksi
  • Buku Referens ( Kamus, Ensiklopedia, Atlas, Direktori, Buku Panduan atau Pedoman, dll)
  • Serial (Majalah dan Koran)
  • Koleksi Pandang Dengar (Audio Visual)
  1. b)      Penataan Buku dan Ruangan
  • Susunan Buku

Susunan Buku diperpustakaan harus disusun secara sistematis

  • Pengelompokan Buku berdasar bagan DDC

Pengelompokan atau klasifikasi buku berdasar isi buku atau subjek prinsip dari sistem DDC ini adalah pembagian Notasi berkembang dari umum ke khusus.

  • Kode Buku
  • Penyusunan Buku di Rak

Meliputi kerapian dan tingkat keefisienan

  1. c)      Kebersihan
  • Kebersihan Buku (Sampul, tidak dicorat-coret, tidak sobek, basah)
  • Kebersihan Ruang Perpustakaan(tidak ada sampah, buku-buku tidak berserakan atau tertata rapi, nyaman)

 

Sumber :

https://nomorcallcenter.id/