HOW TO IMPROVE MY SOFTSKILL

HOW TO IMPROVE MY SOFTSKILL

HOW TO IMPROVE MY SOFTSKILL

HOW TO IMPROVE MY SOFTSKILL

HOW TO IMPROVE MY SOFTSKILL

Pada dasarnya, untuk memiliki suatu kemampuan diperlukan suatu usaha dan kerja keras. Akan tetapi, Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan yang sudah kita miliki, yaitu :
1. Kegiatan di luar jam kuliah
  Kegiatan di luar jam kuliah sangat berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki seseorang. Akan tetapi, tidak semua kegiatan tersebut memberikan dampak yang bermanfaat kepada seseorang. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan adalah memanfaatkan waktu kosong, untuk membicarakan tugas yang diberikan pengajar, ataupun membicarakan hal-hal yang dapat menambah wawasan kita menyangkut ilmu pengetahuan.
2. Mengelola waktu yang dimiliki
   Waktu yang kita miliki tidak akan bermanfaat pada diri kita, apabila tidak dikelola dengan baik. Akan tetapi, dalam mengelola waktu tersebut diperlukan sikap yang disiplin dalam menjalankannya. Dalam mengelola waktu, kita harus memastikan pembagian waktu yang seimbang, antara kegiatan belajar, bermain, dan beristirahat, sehingga waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.
3. Menerima Pendapat sahabat
     Untuk meningkatkan kemampuan yang kita miliki, diperlukan pendapat yang membagun dari orang terdekat. Pendapat yang membangun, tidak hanya pendapat yang baik saja, akan tetapi kekurangan yang kita miliki diperlukan untuk menyadarkan, bahwa kita belum sempurna. Berikut pendapat mengenai kelemahan dan kelebihan saya, menurut orang terdekat :
Kekurangan : sulit berteman dengan orang yang baru dikenal, tidak pernah memberikan kesan baik pada pertemuan pertama, dan terkadang tidak memperdulikan orang lain.
Kelebihan : apabila sudah berteman baik, saya memiliki sifat yang baik, pendiam, ramah, pengertian, dan setia kawan.
4. Instropeksi diri dalam menerima kritikan
    Setelah menerima kritikan dari orang terdekat, kita harus dapat menerima dan memikirkan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan yang kita miliki. Hal tersebut harus dilakukan secara perlahan, agar tidak menimbulan tekanan di dalam diri kita.
5. Bagaimana mengkritik orang lain
    Memberikan pendapat kepada orang lain, sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Hal tersebut membuat kita berpikir menjadi lebih baik dari seseorang yang kita berikan pendapat. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pendapat kepada orang lain, yaitu sifat menghargai, menghormati, ekspresi yang ramah, dan tidak menimbulkan konflik.