iPhone 2020 yang Pertama Pakai SoC 5 Nanometer


iPhone 2020 yang Pertama Pakai SoC 5 Nanometer

iPhone 2020 yang Pertama Pakai SoC 5 Nanometer

 

iPhone 2020 yang Pertama Pakai SoC 5 Nanometer
iPhone 2020 yang Pertama Pakai SoC 5 Nanometer

Semakin kecil teknologi proses yang digunakan untuk membuat chipset, semakin banyak transistor yang cocok di

dalam ruang padat di dalamnya. Hal itu juga menjadikan kinerjanya lebih bertenaga dan konsumsi energi yang dipakai juga lebih efesien.

Sebagai contoh, iPhone generasi awal menggunakan SoC yang diproduksi dengan teknologi proses 45 nanometer. Saat ini chipset unggulan, termasuk Snapdragon 855 yang dikembangkan oleh Qualcomm diproduksi menggunakan teknologi proses 7 nanometer.

Tidak hanya itu, dibangun dengan penggunaan Extreme Ultraviolet Lithography (EUV), produsen chipset juga dapat merancang lebih tepat tata letak sirkuit terpadu alias IC. Hal ini juga bertujuan untuk menghasilkan kinerja yang lebih tinggi dari sebuah chipset yang dikembangkan.

TSMC, perusahaan yang memproduksi banyak chipset yang ditemukan di smartphone saat ini berencana memulai

produksi dengan teknologi proses 5 nanometer. Diperkirakan, rencana TSMC ini akan mulai berjalan pada kuartal pertama tahun depan.

Angka awal menunjukkan bahwa chipset yang diproduksi menggunakan teknologi proses 5 nanometer akan dikemas dengan 1,8 kali jumlah transistor yang ditemukan dalam komponen 7 nanometer. Diperkirakan, hasil akhirnya akan ada peningkatan kecepatan sebesar 15 persen.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa Samsung akan memproduksi Snapdragon 865. Ya! Qualcomm tidak

menunjuk TSMC untuk memproduksi SoC tersebut. Satu hal yang cukup mengejutkan, chipset ini masih akan diproduksi menggunakan teknologi proses 7 nanometer dengan tambahan EUV ala Samsung.

Sumber:

http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/comment/view/516/1602/51470