Keamanan Komputer


Keamanan Komputer

Keamanan Komputer

Keamanan Komputer
Keamanan Komputer

Keamanan Jaringan Wereless

Alasan mengapa kita harus melindungi computer kita dari segala bentuk ancaman jaringan :

1. Data personal dan financial kita ataupun data sejarah medical kita ada di hard-disk komputer atau laptop kita.
2. Koneksi Internet kita bukanlah murah, tentunya kita tidak mau membagi dengan semua orang yang tidak berhak, bukannya pelit sebenarnya, akan tetapi efek dari system yang rentan yang bisa menyebabkan kerugian kita.
3. Kita tidak ingin ada orang yang menggunakan komputer kita untuk dipakai menyebarkan spam dari komputer kita atau dari email address kita.
Sebenarnaya jaringan wereless lebih mudah di crack daripada jaringan LAN kabel, karena kita tidak memerlukan koneksi secara fisik. Tansfer udara yang terjadi yaitu lewat gelombang udara, oleh karena itu pengaksesannya jadi lebih gampang.
MAC Filtering
Hampir setiap wireless access point maupun router difasilitasi dengan keamanan MAC Filtering. Hal ini sebenarnya tidak banyak membantu dalam mengamankan komunikasi wireless, karena MAC address sangat mudah dispoofing atau bahkan dirubah. Tools ifconfig pada OS Linux/Unix atau beragam tools spt network utilitis, regedit, smac, machange pada OS windows dengan mudah digunakan untuk spoofing atau mengganti MAC address. Dengan menggunakan aplikasi wardriving seperti kismet/kisMAC atau aircrack tools, dapat diperoleh informasi MAC address tiap client yang sedang terhubung ke sebuah Access Point. Setelah mendapatkan informasi tersebut, kita dapat terhubung ke Access point dengan mengubah MAC sesuai dengan client tadi. Pada jaringan wireless, duplikasi MAC address tidak mengakibatkan konflik. Hanya membutuhkan IP yang berbeda dengan client yang tadi.
Wireless MACfilter

Sumber : https://apartemenjogja.id/