Kepemimpinan Adalah


Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan Adalah
Pengertian Kepemimpinan

Dilingkungan tempat kerja kepemimpinan didefinisikan sebagai “pencapaian tujuan melalui arahan manusia pendamping ” dan seorang pemimpin yang sukses bisa memahami motivasi orang dan meminta partisipasi karyawan dengan cara menggabungkan kebutuhan individu dan kepentingan orang lain dengan tujuan kelompok.

Kepemimpinan adalah suatu proses dimana seseorang mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan dan mengarahkan organisasi dengan cara yang membuatnya lebih kohesif dan koheren.

Definisi lain Kepemimpinan adalah proses dimana seorang individu mempengaruhi sekelompok individu untuk mencapai tujuan bersama (Northouse (2007, p3).

Militer AS telah mempelajari kepemimpinan secara mendalam. Salah satu definisi mereka adalah suatu proses dimana seorang tentara mempengaruhi orang lain untuk mencapai misi (US Army, 1983).

Perhatikan bahwa keempat definisi memiliki satu proses yang sama yaitu seseorang mempengaruhi orang lain untuk mendapatkan sesuatu yang dicapai

Pemimpin melakukan proses ini dengan menerapkan pengetahuan kepemimpinan dan keterampilan. Ini disebut Process Leadership (Jago, 1982). Namun, perlu diketahui bahwa kita memiliki sifat-sifat yang dapat mempengaruhi tindakan kita. Ini disebut Trait Leadership (Jago, 1982).

Kepemimpinan melibatkan:

a. membangun visi yang jelas,
b. berbagi visi dengan orang lain sehingga mereka akan bersedia mengikuti,
c. memberikan informasi, pengetahuan dan metode untuk mewujudkan visi tersebut, dan
d. mengkoordinasikan serta menyeimbangkan konflik kepentingan dari semua anggota dan para pemangku kepentingan.

Seorang pemimpin harus mampu mengambil langkah di saat krisis, dan mampu berpikir serta bertindak secara kreatif dalam situasi sulit. Tidak seperti manajemen, kepemimpinan tidak dapat diajarkan, meskipun dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui pembinaan atau mentoring. Contoh seseorang dengan keterampilan kepemimpinan yang besar adalah Bill Gates, meskipun awalnya ia gagal dengan terus semangat dan inovasi telah mendorong Microsoft dan industri perangkat lunak untuk sukses.

TUJUAN DARI KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan adalah cara untuk pemfokusan dan memotivasi kelompok untuk membuat mereka dapat mencapai tujuannya. Hal ini juga melibatkan akuntabel dan bertanggung jawab untuk kelompok secara keseluruhan.

Seorang pemimpin harus:

– Menjaga kesinambungan dan momentum
– Bersifat fleksibel dalam mengizinkan perubahan arah tujuan.

Idealnya, seorang pemimpin harus ada beberapa langkah di depan tim mereka, tapi tidak terlalu jauh bagi tim untuk dapat memahami dan mengikutinya

Dibutuhkan keterampilan

Pemimpin harus memiliki berbagai keterampilan, teknik dan strategi. Ini meliputi:

– Perencanaan
– Keterampilan komunikasi
– Beroganisasi
– Kesadaran terhadap lingkungan yang lebih luas

MANFAAT DARI KEPEMIMPINAN

1. Memungkinkan bisnis untuk mengembangkan hubungan lebih dalam danĀ  mendapatkan percayaaan dari klien
2. Menjadikan anggota tim menjadi Inspiratif dan memotivasi untuk meregangkan pikiran diri sebuah proyek penting
3. Membantu bisnis dan organisasi untuk meyakinkan investor mendanai proyek berikutnya.
4. Mendorong karyawan, anggota tim atau anggota keluarga untuk bertahan melalui masa-masa sulit
5. Menciptakan antusiasme organisasi melalui masa tantangan atau perubahan yang sulit
6. Mendapatkan kemampuan untuk menegosiasikan kontrak yang kompleks dan menguntungkan semua pihak
7. Memelihara budaya diperusahaan sehingga menciptakan loyalitas dan retensi

Secara keseluruhan, kepemimpinan membantu kelompok dan organisasi membangun kesepakatan di sekitar tujuan bersama, meningkatkan kerjasama antara anggota tim dan rekan-rekan dan akhirnya mencapai sukses yang lebih besar.


Baca juga: https://veragibbons.com/frontline-fury-apk/