Hati-Hati Komponen Mobil Ini Bisa Rusak Apabila Diajak Terobos Banjir


Jalan banjir adalahsalah satu mimpi buruk menakutkan untuk para empunya mobil. Sebab di momen tersebut, mereka bakal dihadapkan pada dua pilihan, yaitu menggali jalur pilihan lain atau melibasnya.

Pada umumnya, sebelum menyimpulkan dua opsi tersebut, semua pemilik mobil bakal mempertimbangkan sejumlah hal, laksana jenis mobil yang dipakai serta tinggi genangan airnya.

Meski begitu, sebetulnya ada salah satu hal lain yang butuh dipikirkan, yakni mengenai akibat kerusakan serta ongkos yang mesti kita keluarkan andai sampai rusak.

Berikut ini ialah beberapa kehancuran yang bisa terjadi andai Anda nekad melibas jalan banjir inilah dengan pencegahannya, antara beda yaitu:

Kopling Lengket
Jika mobil kita bertransmisi manual, maka paling tidak disarankan untuk langsung memarkirkan mobil Anda sesudah mobil dipakai untuk melibas banjir. Sebab, air yang merembes ke unsur kopling nantinya akan menciptakan kopling dan dekrup menjadi lembab sehingga menciptakan pelat antara kopling dan dekrup menempel.

Jika urusan ini terjadi, maka yang butuh Anda lakukan ialah dengan memasukkan gigi 1 dalam suasana mesin mati, setelah tersebut injak kopling dan nyalakan mesin. Mobil pun bakal langsung melaju sesaat sampai-sampai melepas kopling dari dekrup.

Untuk menangkal hal ini terjadi, usahakan sesudah Anda melalui banjir jalankan mobil sekitar setengah jam dan sering-seringlah mengerjakan perpindahan gigi sekitar menjalankan mobil tersebut.

Oli Tercampur Air
Salah satu unsur yang paling rentan disisipi air andai mobil disuruh melibas jalan banjir ialah sistem transmisi. Jika hingga sistem transmisi kemasukan air, maka secara otomatis oli pun akan terkontaminasi.

Jika oli hingga tercampur air, maka bakal kehilangan daya lumasnya secara drastic. Bukan melulu itu saja, air pun akan membuat sejumlah komponen mesin menjadi lebih rentan berkarat sebab korosi.

Untuk itu teknik mencegahnya ialah dengan mengecek warna oli sesudah mobil dipakai untuk melibas jalanan yang banjir. Jika oli sudah tercampur air, maka warnanya akan tidak banyak lebih muda. Untuk tersebut segeralah ganti oli supaya terhindar dari kehancuran parah.

Alternator Korslet
Salah satu komponen yang dapat mengolah putaran mesin menjadi arus listrik ialah alternator. Padahal unsur ini tidak rentan rusak andai terkena air, tetapi yang rentan justru ialah komponen IC (Integrated Circuit) di dalamnya.

Jika komponen ini tidak berfungsi, maka aki bakal cepat tekor dalam masa-masa singkat sampai-sampai akan mengakibatkan mobil mogok sebab kehabisan listrik.

Cara mencegahnya ialah dengan menciptakan perlindungan guna menepis air dari unsur alternator.

Sumber : https://gumroad.com/adukasip/p/seva-mobil-bekas-pilihan-expert-untuk-pemula