Manfaat Buah Pisang


pisang

Pengertian

Pisang adalah buah yang sangat populer. Pisang adalah makanan penutup yang populer di Indonesia. Buah berwarna kuning ini memiliki rasa yang manis dan tekstur lengket yang lembut. Tak hanya enak, pisang juga memiliki efek kesehatan yang baik. Pisang mengandung serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, serta berbagai antioksidan dan fitonutrien yang dibutuhkan tubuh Anda. Bagi yang gemar makan pisang, berikut tujuh ramuan pisang beserta manfaat kesehatannya.

Siapa yang tak kenal pisang? Buah-buahan populer itu enak dan mudah dimakan. Namun, pisang tidak hanya enak, tapi juga memiliki manfaat tak terduga yang tak terhitung jumlahnya. Pisang kaya akan nutrisi. Pisang berukuran sedang mengandung kalium atau kalium, serat dan zat besi. Selain itu, pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori. Tidak jarang pisang disebut superfood karena nutrisi di atas.

Selain mengenyangkan, pisang mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan Anda.

Dalam suatu medium, pisang mengandung kalium atau kalium, serat dan zat besi. Selain itu, pisang kaya akan vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori.

Nutrisi dan vitamin ini mengubah pisang menjadi makanan super dan buah-buahan, yang membantu menjaga kesehatan tubuh jika dimakan secara teratur.

Manfaat pisang untuk kesehatan

pisang

Manfaat pisang untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui adalah:

Meningkatkan konsentrasi otak

Karena pisang mengandung kalium pada anak-anak dan orang dewasa, mereka dapat meningkatkan kadarnya. Banana Potassium membantu otak dan saraf Anda berfungsi lebih baik.

Pisang mengandung magnesium yang berperan penting dalam memberi sinyal antara otak dan tubuh bayi. Magnesium bertindak sebagai penjaga terhadap reseptor N-methyl-D-aspartate (NMDA), yang membantu meningkatkan perkembangan otak, memori dan pembelajaran.

Sumber energi

Pisang memberikan energi untuk memulai hari. Hasil ini memberikan energi yang lebih baik daripada minuman energi.

Makan dua pisang untuk sarapan memberi Anda energi yang cukup untuk berjalan selama satu setengah jam. Bukankah ini bagus?

Sistem pencernaan

Pisang mengandung serat. Nutrisi ini membantu meningkatkan pencernaan.

Serat pektin pisang juga memiliki sifat anti-usus besar. Namun, penelitian yang lebih luas diperlukan untuk memberikan bukti akurat tentang manfaat pisang ini.

Kontrol gula darah

Pisang mengandung serat pektin yang dipercaya dapat melawan kanker usus besar. Serat pektin merupakan nutrisi penting untuk mengontrol glukosa darah.

Bahkan American Diabetes Association mengatakan bahwa penderita diabetes masih jago makan pisang. Tetap saja, Anda harus membatasi jumlahnya.

Sumber antioksidan

Pisang mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Contoh antioksidan pisang adalah dopamin dan katekin.

Antioksidan ini memiliki manfaat penting seperti memblokir radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Buat lebih lama

Pisang mengandung karbohidrat yang disebut pati resisten. Nutrisi ini bersama dengan serat pektin dapat memberikan efek mengenyangkan.

Jadi konon pisang juga membantu dalam penurunan berat badan. Ini kabar baik bagi para pelaku diet.

Memberi perasaan nyaman

Manfaat buah pisang berikut ini berasal dari kandungan asam amino triptofan. Triptofan dan vitamin B6 juga ditemukan dalam pisang, yang merangsang produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin bisa memberi tubuh sensasi menyenangkan dan memperbaiki mood. Sekarang Anda dapat bersantai secara fisik dan mental.

Pisang mudah ditemukan dan diproses. Selain itu pisang tumbuh sepanjang tahun terutama di negara tropis seperti Indonesia.

Bisa dimakan tidak hanya secara langsung tapi juga bersama makanan lainnya. Misalnya, taburkan sepotong oatmeal atau roti gandum hitam.

Anda juga bisa menaburkan irisan buah lainnya di atasnya untuk membuat smoothie.

Pasien dengan penyakit ginjal dan jantung harus didekati

Pisang tergolong makanan sehat dengan banyak manfaat, namun Anda perlu berhati-hati jika mengalami beberapa masalah kesehatan. Misalnya, orang yang memakai beta blocker sebagai pengobatan untuk penyakit jantung harus menghindari pisang.

Ini karena potasium dalam pisang dapat mempengaruhi obat secara merugikan. Ini juga berlaku untuk orang yang memiliki masalah ginjal.

Kalium dalam pisang dan sumber makanan lainnya berbahaya. Ini bisa berakibat fatal jika ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan kalium dari darah.

Jika Anda menginginkan kualitas terbaik dari pisang. Makan dengan bijak dan masuk akal. Selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.