Mengapa anak autis perlu diet?


Mengapa anak autis perlu die

Mengapa anak autis perlu diet?

Mengapa anak autis perlu die
Mengapa anak autis perlu die

Gluten adalah Protein yang terdapat pada tumbuhan seperti wheat (gandum),oats, barley, rye dan derivatnya.

Casein adalah phospo protein dari susu yang mempunyai struktur mirip dengan gluten.

Di dalam saluran pencernaan tubuh, makanan dipecah menjadi komponen komponen yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh usus halus untuk dipergunakan oleh tubuh.Proses pemecahan menjadi bentuk sederhana ini dilakukan oleh ENZYM yang ada di saluran pencernaan.

Contohnya bahan makanan PROTEIN (yang terbentuk dari rangkaian beberapa asam amino) dalam saluran pencernaan dipecah menjadi asam amino tunggal dan bentuk paling sederhana inilah yang diserap oleh tubuh.

Kebanyakan anak penyandang autis mempunyai masalah dalam proses mencerna/ memecah protein gluten dan casein. Akibatnya struktur protein gluten dan casein dalam saluran cerna anak autis tidak terpecah sempurna menjadi asam amino tunggal melainkan masih dalam bentuk peptida ( rangkaian beberapa asam amino).

Lalu timbul masalah berikutnya, peptida tersebut keluar dari saluran pencernaan ( diserap oleh tubuh) masuk dalam ke dalam darah ( pada normal hal ini seharusnya tidak terjadi ) dan kondisi ini disebut “LEAKY GUT “ (Kebocoran saluran cerna) dimana dinding usus halus tidak mampu lagi menjadi dinding pemisah antara isi usus halus dan darah.

Menurut Dr. P. D’Eufemia kondisi ini banyak ditemukan pada anak penyandang autis. Pada anak normal kebocoran ini mungkin terjadi tapi segera diatasi oleh sistem kekebalan yang memang berfungsi baik. Sehingga peptida yang lolos ke darah akan mengakibatkan hal yang sangat merugikan.

Sumber : https://theeacher.livejournal.com/712.html