Nutrisi sehat untuk sahur

Sahur adalah makanan terpenting sebelum Anda mulai berpuasa sepanjang hari. Agar puasa tetap bugar dan tulang tetap kuat, kuncinya adalah pada dini hari. Jadi, beri tahu kami apa yang dibutuhkan saat fajar agar tulang Anda kuat dan tubuh Anda tetap bugar? Ada juga menu sahur praktis yang juga menyehatkan tulang, lho!

Nutrisi sehat untuk sahur

Saat subuh, tubuh membutuhkan banyak cairan, memilih makanan dan minuman yang mengandung banyak cairan untuk melembabkan tubuh. Selain itu, pilih makanan kaya serat untuk membuat Anda merasa lebih lama seperti sayur dan buah.

Serat membantu Anda merasa lebih lama dan mencegah sembelit selama puasa. Vitamin mineral dalam sayuran juga bekerja untuk membantu proses pencernaan sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat diserap secara optimal.

Selain sayuran dan buah-buahan yang kaya serat dan vitamin mineral, pastikan sumber karbohidratnya sama. Pilih sumber karbohidrat yang memiliki banyak serat seperti gandum, beras merah, roti gandum dan sereal.

Selanjutnya, tubuh masih membutuhkan protein. Protein yang baik, misalnya, seperti ayam tanpa kulit, ikan, telur, daging tanpa lemak, tahu dan tempe. Sumber makanan yang mengandung protein ini akan membantu tubuh memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
Sedangkan untuk tulang yang kuat, nutrisi ini sangat diperlukan

Ada 3 komponen penting yang harus dipenuhi untuk menjaga tulang tetap kuat. Vitamin D, kalsium, dan bahkan protein memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin D akan membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh, sehingga kepadatan tulang tetap terjaga setiap hari. Selanjutnya, protein juga dibutuhkan sebagai komponen pembentukan tulang agar tulang tetap kuat.

Agar tulang tetap kuat selama puasa, semua zat ini harus ada dalam makanan saat fajar. Kalsium dan vitamin D dapat diperoleh dari makanan, seperti susu, ikan berlemak (tuna, mackerel, salmon), hati sapi, keju, telur, produk makanan yang ditambahkan dengan vitamin D seperti jus buah, jus kedelai, yogurt dan sereal. .

Dengan menempatkan bahan makanan di menu sahur Anda, puasa tetap bugar, tulang akan tetap kuat sepanjang hari.

Jika Anda merasa tidak cukup makan, makanan itu mengandung vitamin D dan kalsium tingkat tinggi, cobalah memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium dari suplemen. Alasannya adalah jika tidak tercapai, risiko kehilangan tulang akan terjadi lebih cepat.
Contoh menu sahur untuk tulang yang kuat dan tetap bugar
Oat dengan susu dan potongan buah

manfaat oatmeal

Saat fajar, selain makanan bergizi, makanan praktis sangat dibutuhkan. Potongan oat, susu, dan buah favorit Anda mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk menu sahur, lho! Oat adalah sumber karbohidrat yang mengandung banyak serat untuk membuat perut kelaparan lebih lama.

Susu adalah sumber protein, kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kekuatan tulang. Bahkan dengan potongan buah, kandungan serat dan vitamin mineral di dalamnya membantu memenuhi kebutuhan tubuh di masa depan sehingga mereka tetap puas.

Jika Anda menginginkan rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan madu. Atau jika Anda ingin rasa agak asam, Anda bisa mencampurnya dengan yogurt. Yoghurt juga kaya akan kalsium dan vitamin D, lho!
Nasi merah, tumis sayuran dan telur sapi

resep untuk buka puasa

Seperti menu makanan biasa, kali ini menu sahur berisi staples, lauk pauk dan sayuran yang dapat menjaga tulang Anda kuat dan cepat. Menu ini terdiri dari nasi merah, sayuran tumis, seperti capcay dan juga hidangan kaya vitamin D dan kalsium seperti telur.

Beras merah memiliki kandungan serat dan vitamin dan mineral yang tinggi. Nasi merah juga kaya akan zat besi. Zat besi ini kemudian akan membawa oksigen ke dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya anemia saat puasa.

Sementara sayuran tumis juga mengandung serat tinggi, sehingga dapat membantu Anda tinggal lebih lama dan mencegah sembelit.

Telur dalam menu kali ini sebagai sumber vitamin D dan kalsium yang dapat membantu menjaga kekuatan tulang Anda saat puasa. Dimungkinkan untuk memproses telur dengan melakukan telur ceplok praktis saat fajar.

Jika telur tidak cukup untuk meningkatkan kebutuhan vitamin D dan kalsium, minum segelas susu bisa menjadi alternatif tambahan untuk menjaga tulang tetap kuat selama puasa.
Pasta tuna

Menu sahur lainnya saat fajar juga praktis: pasta dan salmon. Pasta yang berasal dari gandum utuh akan menjadi bahan yang energik untuk memasok energi sepanjang hari. Ditambah dengan topping salmon dan sayuran seperti brokoli dan jamur kaya serat menjadi

Baca juga :