Operasi Cangkok Jantung


  1. Operasi Cangkok Jantung

Pencangkokan jantung atau yang juga disebut dengan transplantasi jantung biasanya diterapkan untuk pasien yang mengalami lemah jantung. Lemahnya jantung membuat jantung tidak cukup kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Terganggunya aliran darah, jelas akan berbahaya bagi tubuh. Karena itu, dokter akan menyarankan melakukan operasi pencangkokan jantung. Operasi jantung ini bertujuan untuk mengganti jantung yang lemah dengan jantung sehat.

Tapi biasanya ini menjadi pilihan terakhir, saat penanganan lemah jantung lainnya telah gagal. Operasi transplantasi jantung ini biasanya juga tidak mudah sebab harus ada orang yang mau mendonorkan jantungnya.

Di samping itu, tentu biaya operasinya juga tidak murah. Apakah operasi jantung yang tepat dilakukan untuk penderita? Pilihan operasi jantung yang akan dilakukan sangat bergantung dari hasil diagnosa dokter. Oleh karena itu, serahkan pilihan operasi jantung yang tepat pada dokter Anda.

  1. Akibat  Yang Muncul Dan Penanganannya  Setelah Operasi

Apapun jenis operasi jantung yang Anda lakukan, Anda perlu mengetahui hal apa saja yang harus Anda lakukan agar kesembuhan total bisa Anda capai segera setelah operasi dilakukan.

Sebelum meninggalkan rumah sakit, Anda pasti dibekali dengan informasi apa yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan selama masa pemulihan pasca operasi jantung yang berlangsung kurang lebih 6 hingga 8 minggu.

Berikut ini adalah informasi tambahan mengenai proses pemulihan operasi jantung.

  1. Luka operasi

Penting untuk diingat bahwa luka akibat operasi harus bersih dan kering. Perban mungkin harus diganti beberapa kali dalam sehari. Jika tidak dianjurkan untuk mengaplikasikan salep atau cairan lainnya pada luka oleh dokter, sebaiknya Anda tidak mengoleskan apapun pada luka operasi jantung. Diet makanan sehat juga diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan. Jika luka operasi telah lumayan kering, mandi cepat diperbolehkan tanpa berendam. Suhu air yang diperkenan adalah suhu hangat kuku. Suhu ekstrem bisa mengakibatkan penurunan kesadaran.