Pemeliharaan dan Pengembangan SDM


Pemeliharaan dan Pengembangan SDM

Setelah direkrut, karyawan menjadi bagian dari sumber daya manusia perusahaan, yang perlu dipelihara dan dikembangkan. Beberapa kegiatan yang didukung oleh TI adalah sebagai berikut.

Evaluasi Kinerja. Sebagian besar karyawan secara berkala dievaluasi oleh atasan langsung mereka. Rekan atau bawahan juga dapat mengevaluasi orang lain. Evaluasi biasanya direkam pada bentuk kertas atau elektronik. Setelah didigitalkan, evaluasi dapat digunakan untuk mendukung banyak keputusan, mulai dari penghargaan sampai ke pemutusan hubungan kerja. Manajer perusahaan dapat menganalisis kinerja karyawan dengan bantuan sistem cerdas, yang memberikan interpretasi sistematis kinerja dari waktu ke waktu.

Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pelatihan karyawan merupakan kegiatan penting dari departemen sumber daya manusia. Masalah utama adalah perencanaan kelas dan menyesuaikan program-program pelatihan khusus untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan karyawan. Departemen sumber daya manusia membangun rencana pengembangan karir bagi setiap karyawan. TI dapat mendukung perencanaan, pemantauan, dan pengendalian kegiatan ini dengan menggunakan aplikasi alur kerja.

TI juga memainkan peran penting dalam pelatihan. Beberapa perkembangan yang paling inovatif dalam bidang instruksi dibantu komputer cerdas (ICAI) dan aplikasi dukungan multimedia untuk kegiatan pembelajaran. Pelatihan tenaga penjualan adalah proposisi yang mahal dan panjang. Untuk menghemat biaya pelatihan, perusahaan menyediakan pelatihan penjualan-keterampilan melalui Internet atau intranet.

Paling menjanjikan alat pelatihan berbasis web adalah mereka yang didasarkan pada simulasi interaktif dan lingkungan virtual dimana pengguna belajar dengan operasi atau bermain di lingkungan simulasi (misalnya, dalam permainan seperti SIM City dan di Second Life). Industri pesawat terbang telah menggunakan simulator penerbangan selama puluhan tahun untuk pelatihan pilot. Second Life memiliki forum khusus pada traing dan belajar dengan menggunakan dunia maya.

Perencanaan dan Manajemen SDM

Mengelola sumber daya manusia dalam organisasi besar memerlukan perencanaan yang luas dan strategi rinci (Gomez-Mejia, 2007). Di beberapa industri, negosiasi tenaga kerja adalah sangat penting aspek perencanaan sumber daya manusia difasilitasi oleh TI. Bagi kebanyakan perusahaan, penyelenggara program kesejahteraan karyawan juga merupakan bagian penting dari fungsi sumber daya manusia.