PENGERTIAN BER-HIJRAH


PENGERTIAN BER-HIJRAH

PENGERTIAN BER-HIJRAH

PENGERTIAN BER-HIJRAH

Ada dua macam arti hijrah, yaitu:

  1. Hijrah yang berarti meninggalkan semua perbuatan yang dilarang dan dimurkai Allah untuk melakukan perbuatan yang baik, yang disuruh Allah dan diridhai-Nya. Rasulullah bersabda:
  2. Hijrah yang berarti berpindah dari suatu negeri kafir (non islam) karena di negeri itu umat Islam selalu mendapat tekanan, ancaman, dan kekerasan, sehingga tidak memiliki kebebasan dalam berdakwah dan beribadah. Kemudian, umat Islam berpindah ke negeri Islam agar memperoleh keamanan dan kebebasan beribadah. Seperti yang dilakukan Rasulullah dan umat Islam saat berhijrah dari Mekkah ke Yastrib (Madinah) pada 12 Rabiul Awwal tahun pertama Hijrah (20 September 622 M).

Tujuannya adalah:

  1. Menyelamatkan umat Islam dari tekanan, ancaman, dan kekerasan kaum kafir Quraisy.
  2. Agar memperoleh keamanan dan kebebasan dalam berdakwah serta beribadah.

Dan orang-orang yang berhijrah karena Allah sesudah mereka dianiaya, pasti Kami akan memberikan tempat yang bagus kepada mereka di dunia. Dan sesungguhnya pahala di akhirat adalah lebih besar, kalau mereka mengetahui”. (An-Nahl: 41)

  1. FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG NABI MUHAMMAD BERHIJRAH

  1. Adanya tanda-tanda perkembangan dakwah Islam yang baik di Madinah. Pada tahun 621 M, 13 penduduk Yastrib menemui Nabi Muhammad  di Bukit Arafah. Mereka berikrar masuk Islam dan kejadian itu disebut perjanjian Aqabah I. Lalu, tahun 622 M, 73 penduduk Yastrib dari suku Aus dan Khazraj megunjungi Rasulullah dan mengundangnya ke Yastrib.
  2. Ada rencana pembunuhan terhadap Rasulullah karena orang-orang kafir khawatir bila Islam telah jaya di Madinah akan menguasai mereka. Rencana ini gagal.

Sumber: https://astalift.co.id/samsung-pay-capai-644-juta-pengguna/