Pengertian dan Peran


Pengertian dan PeranPengertian dan Peran

Istilah lokasi perusahaan, biasa diganti dengan istilah tempat kediaman perusahaan. Kedua istilah itu berarti tempat di mana perusahaan melakukan aktivitasnya. Kedua istilah itu berbeda artinya dengan istilah tempat kedudukan perusahaan. Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat  perusahaan yang bersangkutan. Tempat kedudukan perusahaan pada umunya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain, seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan dan sebagainya.  Tempat kediaman perusahaan dan tempat kedudukan perusahaan tidak selalu berada pada suatu tempat yang bersamaan.

Pada permulaan pendirian suatu perusahaan persoalan mengenai lokasi perusahaan selalu muncu. Setiap orang akan selalu berusahan memilih lokasi perusahaan dimana kemungkinan memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya. Pemilihan lokasi perusahaan ini selalu didasarkan atas motif ekonomi. Banyak perusahaan industri terpaksa memindahkan lokasi karena beberapa sebab, antara lain habisnya bahan baku, tidak cukupnya tenaga kerja dan lain sebagainya.

Dewasa ini di dalam kemajuan  ilmu pengetahuan pemilihan lokasi perusahaan tak dapat lagi dilakukan dengan coba-coba, tetapi haruslah diputuskan dengan sangat berhati-hati dengan berdasarkan kepada  fakta yang lengkap dan dengan mendasarkan baik dari aspek ekonominya maupun dari aspek tekniknya. Rencana masa depan seperti peluasan bangunan, daerah pemasaran hasil produksi, perubahan barang baku dan lain-lain merupakan faktor yang perlu mendapatkan perhatian dalam penetapan lokasi suatu perusahaan.

  1. Jenis-jenis lokasi perusahaan

Lokasi perusahaan dapat dibedakan atas empat jenis lokasi yaitu:

v       Lokasi terikat pada alam

v       Lokasi berdasarkan sejarah

v       Lokasi ditetapkan pemerintah

v       Lokasi atas dasar faktor ekonomi

Lokasi Terikat pada Alam

            Lokasi perusahaan terikat pada alam ialah lokasi perusahaan yang tidak dipengaruhi oleh manusia tetapi tergantung atau terikat pada alam. Misalnya Lokasi perusahaan sayur-mayur, harus berada di tempat beriklim sesuai dengan kebutuhan. Pertambangan emas harus berada di tempat dimana kedapatan emas. Umumnya segala perusahaan yang bersifat pertanian dan pertambangan, lokasi perusahaan selalu terikat pada alam. Lokasi perusahaan seperti ini disebut lokasi terikat pada alam

Sumber :

https://hopalleybrew.com/kemkominfo-tunggu-telegram-sampai-bulan-depan/