PENGERTIAN DEMOKRASI LIBERAL


PENGERTIAN DEMOKRASI LIBERAL

PENGERTIAN DEMOKRASI LIBERAL

PENGERTIAN DEMOKRASI LIBERAL

Demokrasi liberal merupakan

suatu sistem dalam bidang politik pemerintahan yang sangat memfokuskan diri kepada otonomi serta kebebasan dari individu untuk melakukan progress dan kemajuan masing-masing, serta adanya pelindungan dari sisi hukum dan peran dari Negara yang bisa dibilang terbatas. Maka, Negara tidak begitu memiliki kekuasaan untuk mengatur dan menekan rakyatnya.

Di dalam kamus Oxford diterangkan bahwa demokrasi liberal merupakan suatu sistem pemerintahan yang sangat demokratis yang di dalamnya hak-hak serta kebebasan dari tiap individu diakui secara hukum serta mendapatkan perlindungan dan kekuatan dari sisi politiknya dibatasi oleh konstitusi.

Demokrasi liberal menjadi suatu sistem politik yang sangat mengedepankan aspek demokratis. Bentuknya sangat representatif dan sangat identik dengan perwakilan dari rakyat. Oleh karena itu, rakyat memiliki peran yang cukup signifikan dalam demokrasi liberal.

Secara prinsip, demokrasi liberal dilakukan dengan sangat bebas dan adil untuk pemilihan umum. Di dalam sistem ini, pemilihan umum menggunakan keterlibatan dari partai-partai. Sehingga, setiap rakyat yang sudah memiliki hak pilih dapat memilih pemimpinnya.


Sumber: https://www.tawakaltourtravel.co.id/driving-quest-apk/