Pengertian Just in Ttime dalam Lean System


Pengertian Just in Ttime dalam Lean System Pengertian Just in Ttime dalam Lean System

Pengertian Just in Ttime dalam Lean System

 Pengertian Just in Ttime dalam Lean System Pengertian Just in Ttime dalam Lean System
Pengertian Just in Ttime dalam Lean System

  Pengertian Just in Ttime dalam Lean System

Pada  dasarnya, dalam situasi persaingan pasar global yang sangat kompetitif seperti sekarang ini, dimana sebagaian besar pasar menetapkan harga (produsen harus mengikuti harga pasar yang berlaku) serta pelanggan hanya membeli produk pada saat dibutuhkan dengan harga yang kompetitif pada tingkat kualitas yang diinginkan, maka setiap perusahaan haruslah memiliki stategi yang tepat untuk menyesuaikan dengan kondisi yang demikian. Oleh sebab itulah, penerapan strategi pasar tepat waktu (Just In Time) lebih tepat dibandingkan strategi produksi konvensional (Gasperz, 2005). Pada dasarnya strategi pasar just in time ini menurut Mulyadi (2009) merupakan suatumanufacturing philosophy yang mulai diterapkan di Jepang pada tahun tujuh puluhan (1970an), lebih tepatnya ini dikembangkandan dipromosikan oleh Toyota Motor Corporation di Jepang, sehingga sering disebut juga sebagai sistem produksi Toyota (Toyota Production System/TPS). Strategi ini kemudian diadopsi oleh banyak perusahaan Jepang, terutama setelah krisis minyak dunia pada tahun 1973. Tujuan utama dari sistem produksi tepat waktu ini adalah mengurangi ongkos produksi dan meningkatkan produkstivitas total industri secara keseluruhan dengan cara menghilangkan pemborosan (waste) secara terus menerus (Gasperz, 2005). Setelahnya, stretegi ini mulai diterapkan oleh perusahaan-perusahaan di U.S.A (United State of America) dua puluh tahun kemudian (Mulyadi, 2009).

Baca Juga :