Pengertian Kontrakan

Pengertian Kontrakan

Pengertian Kontrakan

Pengertian Kontrakan

Kontrakan adalah rumah yang disewakan oleh pemilik  berdasarkan batas waktu yang ditentukan oleh sang pemilik dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan dalam hal biaya. Banyak orang sering kali tidak dapat membedakan antara rumah kontrakan dan rumah kost,  keduanya memang memiliki pengertian yang sama akan tetapi rumah kontrakan dan rumah kost memiliki sudut pandang yang berbeda. Berikut beberapa perbedaannya :

Tabel 2.1 Perbedaan Kontrakan dan Kost

Sudut pandang Rumah kontrakan Rumah kost
Tagihan listrik & air Masing-masing rumah ada meteran dan tagihan pembayaran sendiri. Satu meteran untuk seluruh kamar kos, jadi uang sewa bulanan sudah termasuk bayar listrik dan air.
Pengawasan Sudah seperti milik sendiri, jadi langsung berhubungan dengan RT atau perangkat desa setempat. Ada bapak kos, atau ibu kos yang bertugas mengawasi seluruh anak kos.
Kondisi bangunan Bangunan berdiri sendiri, sama seperti rumah warga pada umumnya. Rata-rata menyatu dengan pemilik rumah, hal ini untuk memudahkan pengawasan dan penagihan bulanan
Dapur Setiap rumah punya dapur khusus. Ada juga yang setiap kamar ada dapurnya, tapi kebanyakan satu dapur untuk seluruh anak kos.
Kebebasan tamu Bebas bertamu asalkan masih mematuhi norma agama dan adat setempat. Jam bertamu dan lokasi penerimaan tamu dibatasi.
Kondisi penyewa Cocok bagi yang sudah berkeluarga, untuk ditempati bersama pasangan dan anak-anak. Cocok disewa oleh para pelajar, pekerja perantauan, mahasiswa dan sejenisnya.

 

Sumber : https://filehippo.co.id/