Pengertian Resistensi aktif Tumbuhan


Pengertian Resistensi aktif Tumbuhan

Pengertian Resistensi aktif Tumbuhan

Pengertian Resistensi aktif Tumbuhan

Resistensi aktif ialah

 suatu keadaan dimana suatu tumbuhan dapat bereaksi untuk mempertahankan diri dari serangan patogen. contoh: pembentukan jaringan kallus, thyllose, pengeluaran getah, penumpukan unsur-unsur kimia tertentu disekitar tempat infeksi, dsb.
Jaringan kallus terdiri dari sel-sel parenkim yang berdinding tebal yang tidak dapat ditembus oleh patogen. Tetapi bila perkembangan patogen lebih cepat dari pembentukan kallus, maka pembentukan kallus tidak mempunyai arti.
Pembentukan kallus juga sering terjadi pada lubang-lubang gerek, sehingga telur serangga terjepit dan mati di dalam lubang. Getah dapat terdiri dari bahan-bahan yang mengandung phytoalexine (Kuc,1976), ethylene (Pegg,1976) atau enzim-enzim oksidasi (Fric,1976).
Diantara bahan-bahan itu ada yang bersifat racun bagi patogen, getah juga dapat membuat serangga melekat sehingga tidak dapat bergerak dan akhirnya mati. Unsur kimia tertentu yang diketahui sering tertumpuk ditempat infeksi adalah calcium (Ca), mangan (Mn), silicon (Si) (KUNOH et al,1975) dan juga Lanthanum (La) EDWARDS,1983), sebagai reaksi tumbuhan untuk menahan perkembangan patogen.
Thyllose ialah kantung-kantung berbentuk bulat sampai lonjong yang terbentuk di dalam lumen dan trakeid yang berfungsi untuk membantasi sel-sel lainnya yang berdinding tipis karena adanya serangan pada sel-sel yang lebih dalam dapat dicegah.

Pembentukan thyllose ini misalnya terjadi pada Hevea brasiliensis (BROOKS and SHARPLES,1915) dan Eucalyptus grandis (Subramaniam and Ramaswamy (1987) yang terserang Corticium salmonicolor).


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/