Penghilang Kantuk Saat Berkendara

Melawan ngantuk saat mengendarai mobil

Jika Anda telah mengalami satu atau lebih dari tanda-tanda di atas, itu berarti Anda berada di luar kemampuan untuk mengendarai mobil atau mengendarai sepeda motor. Mungkin hal pertama yang Anda lakukan untuk menghilangkan kantuk adalah dengan menyetel radio atau musik dengan keras. Namun, ternyata cara kuno ini tidak efektif melawan tidur saat mengemudi. Berikut ini beberapa tips penting untuk memandu tidur Anda saat mengendarai mobil atau mengendarai sepeda motor.

1. Minum kopi

Jika mata dan tubuh Anda benar-benar lelah, Anda perlu kafein untuk membantu menjaga kesadaran. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Namun, dibutuhkan sekitar setengah jam agar kopi mulai berlaku. Juga, hanya secangkir kopi mungkin tidak cukup untuk orang yang mengkonsumsi kopi setiap hari.

2. Tarik dan tidur siang (untuk pengemudi mobil)

Jika efek kopi belum dirasakan, cara terbaik untuk melawan kantuk adalah tidur siang. Lakukan pendekatan dan tidur selama sekitar 15 menit. Ingat, lebih baik menghabiskan 15-20 menit untuk tidur siang daripada memaksa Anda untuk terus mengemudi dengan risiko besar.

3. Tarik dan regangkan (untuk pengendara)

Biasanya rasa kantuk yang tak tertahankan terjadi ketika mengendarai sepeda motor di jalan yang cukup sepi dengan cuaca yang menguntungkan. Jadi, segera berhenti sejenak dan turun dari sepeda. Regangkan otot-otot Anda dan berjalanlah selama sekitar 10 menit. Bergerak secara aktif dapat membantu pikiran tetap terjaga.

4. Jangan minum obat dan alkohol sebelum atau saat mengemudi

Asupan narkoba dan alkohol dapat memengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan. Hindari mengonsumsi obat anti-gerakan, anti-pilek atau obat lain dengan efek samping yang mengantuk sebelum atau saat mengemudi. Karena Anda akan merasa sangat mengantuk. Jika Anda benar-benar perlu minum obat tertentu yang diresepkan oleh dokter Anda, Anda sebaiknya tidak mengendarai mobil atau mengendarai sepeda motor.

5. Istirahat setiap dua jam

Serangan kantuk saat mengemudi atau mengendarai sepeda motor selama perjalanan panjang sangat wajar. Untuk menghindari ini, Anda harus beristirahat setiap dua jam untuk meregangkan otot-otot Anda atau tidur siang. Jika Anda harus mengemudi tanpa henti, tubuh dan mata Anda lelah dan merasa berat. Jadi bahkan jika Anda tidak mengantuk atau lelah, cobalah untuk beristirahat selama beberapa jam.

6. Minta ditemani saat Anda mengemudi

Jika Anda melewatkan tidur, kurang istirahat atau sangat lelah, hindari mengemudi sendirian. Apalagi jika jaraknya cukup jauh. Undang teman atau anggota keluarga yang dapat menemani Anda sepanjang jalan. Dengan cara ini, Anda dapat mengobrol dengannya jika Anda mulai tidur. Dia juga bisa menjadi “polisi” jika Anda mulai kehilangan kesiapan, mengantuk, atau hampir tertidur. Akan lebih baik jika orang yang menemani Anda ingin bergantian mengemudi.

Sumber : rental mobil lampung