PERMASALAHAN EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI

PERMASALAHAN EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI

PERMASALAHAN EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI

PERMASALAHAN EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI

PERMASALAHAN EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI

KEBUTUHAN

Apa itu kebutuhan? Pegertian kebutuhan : kebutuhan diartikan sebagai hal yang sagat kita butuhkan dan tanpanya aktivitas hidup kita akan terganggu.
Apa Perbedan Kebutuhan Dengan keinginan? : apabila kebutuhan merupakan seswatu yang harus dipenuhi, sedangkan keinginan belum tentu demikian.

MACAM-MACAM KEBUTUHAN

1. Kebutuhan Menurut Intensitas Kegunaanya ( penting atau tidaknya )
yakni dibagi menjadi:
a. Kebutuhan Primer
Kbutuhan primer adlah kbtuhan yg mutlak hruz dpnuhi oleh manusia. Misal: makanan, minumam, pakaian, kesehatan, dan pendidikan.
b. Kebutuhan Sekunder
Mrupakan kbutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer terpenuhi. Misal: mobil bagi orag ber peng hasilan tinggi dan bagi orang berpenghasilan rendah merupakan barang mewah.
c. Kebutuhan Tersier
Merupakan kebutuhan yang timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Biasanya kebutuhan ini lebih ditujukan untuk menunjukkan setatus sosial atau prestise seseorang di mata masyarakat.

2. Kebutuhan Menurut Waktunya
a. Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang dan tak dapat ditunda pemenuhanya.
b. Kebutuhan Masa Yang Akan Datang
Merupakan kebutuhan yang pemenuhanya dilakukan di kemudian hari dan dapat di tunda karena tidak mendesak. Contoh: menabung, membeli payung di musim panas.

3. Kebutuhan Menurut Sifatnya
a. Kebutuhan Jasmani
Merupakan kebuttuhan yang berhubungan dengan fisik, seperti menjaga penampilan dan kesehatan.
b. Kebutuhan Jasmani
Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang berhubungan dengan kesehatan jiwa, contoh: beribadah menurut agama dll

4. Kebutuhan Menurut Subjeknya
a. Kebutuhan Individual
Kebutuhan perseorangan atau individu,dan kebutuhan ini berbeda antara orang yang satu dengan orang lain. Contoh: misal programer mombutuhkan komputer dan tukang kayu membutuhkan serut.
b. Kebutuhan Kolektif
Kebutuhan bersama dalam suatu masyarakat yang dimanfatkan untuk kepentigan bersama.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI KEBUTUHAN

1. Kondisi Alam

Perbedan kondisi alam yang terdapat di berbagai daerah menyebabkan kebutuhan masyarakat juga berbeda. Kebutuhan masyarakat yang tinggal di pantai misalnya, berbeda dengan kebutuhan masyarakat yang tinggal di pegunungan.

2. Peradaban

Kebutuhan manusia menigkat seiring dengan menigkatnya peradaban. Contoh: pada jaman purba kebutuhn manusia hanya terfokus pada pemenuhan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Sedangkan di jaman degan perkembagan tehnologi dan pegetahuan meyebabkan kebutuhan manusia bartambah banyak.

3. Agama dan Kepercayaan.

Adanya perbedaan agama dan kepercayaan megakibatkan perbedaan kebutuhan. Contoh: Bagi agama Hindu Bali, kebutuhan janur menigkat pada saat adanya hari raya atau upacara. Adapun bagi umat Kristen, kebutuhan pohon Natal menigkat menjelang hari raya natal. (http://bpbd.lampungprov.go.id/blog/contoh-teks-editorial/)

4. Adat Istiadat

Masyarakat di berbagai daerah memiliki adat istiadat dan tradisi yang berbeda. Hal ini megakibatkan adanya perbedaan kebutuhan akibat pola prilaku yang berbeda pula.

5. Pendidikan

Makin tinggi tingkat pendidikan manusia, kebutuhan pun makin kompleks. Perlengkapan sekolah anak sekolah dasar tentu lebih sedikit apabila dibandingkan dengan bebutuhana seorang mahasiswa.

6. Pendapatan

Makin tinggi pendapatan seseorang makin meningkat pula kebutuhanya. Misal Pak Anton bekerja sebagai pedagang bakso keliling, setelah sukses beliau menyewa kios, setelah penghasilan pak anton meningkat. Kebutuhan pak anton pun menigkat.