Pola Makan Buah Dan Sayuran Yang Sehat

Tertarik mengikuti pola makan buah dan sayuran?

Mungkin Anda akan lebih tertarik setelah mengetahui tentang berbagai manfaat diet buah kesehatan, seperti yang dirangkum di bawah ini.

1. pencernaan yang sehat

Buah dan sayuran mengandung serat alami yang mudah dicerna.
Karena menyerap air dengan mudah, serat ini dapat meringankan atau mencegah sembelit, karena mendorong keinginan untuk buang air besar menjadi lebih teratur dan teratur.
Diet buah yang meningkatkan asupan serat dan air juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga dapat membantu menunda rasa lapar dan membantu mempertahankan berat badan.

2. Menurunkan tekanan darah

Diet yang mencakup banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan tekanan darah rendah.
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi yang sedang diet dengan buah-buahan, sayuran, produk susu rendah lemak dan membatasi asupan lemak mungkin mengalami penurunan tekanan darah yang mirip dengan efek obat-obatan.

3. Kurangi risiko penyakit jantung

Konsumsi buah dan sayuran rata-rata setiap hari, semakin rendah kemungkinan penyakit kardiovaskular.
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang menjalani diet berbasis buah atau yang mengonsumsi delapan atau lebih buah dan sayuran rata-rata sehari memiliki kemungkinan 30% lebih rendah mengalami serangan jantung dan stroke.
Selain itu, hasil penelitian menjelaskan bahwa buah terpenting dari kontribusinya untuk mengurangi risiko penyakit jantung diwakili oleh jeruk, lemon, limau dan anggur.
Sedangkan jenis sayurannya adalah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kubis dan selada.

4. Kurangi risiko diabetes

Penelitian telah menemukan bahwa makan banyak buah segar, terutama apel, jeruk dan jambu biji, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.
Pilih buah yang tidak berasa terlalu manis dan hindari buah-buahan kalengan karena buah yang berubah umumnya kaya akan gula.

5. Mata sehat

Diet buah dan sayuran dapat membantu menyehatkan mata.
Diet ini juga dapat membantu mencegah penyakit mata yang umum pada orang tua, seperti katarak dan degenerasi makula.
Manfaat dari diet buah ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan vitamin, seperti vitamin C, yang kaya akan buah-buahan.

6. Melawan kanker

Sejumlah penelitian menghubungkan pola makan buah dan sayuran dengan perlindungan alami tubuh terhadap kanker.
Dikutip, mengonsumsi banyak buah dapat melawan kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, lambung, usus besar dan paru-paru.

Baca Juga: