Proses berlangsungnya Pergolakan di Libanon

Proses berlangsungnya Pergolakan di Libanon

Proses berlangsungnya Pergolakan di Libanon
Perang Saudara di Libanon terhadap tahun 1975 berawal berasal dari terjadinya bisnis pembunuhan terhadap pemimpin Partai Phalangis (Maronito, Pierre Gamayel terhadap tanggal 13 April 1975, yang dikerjakan oleh para gerilyawan Palestina. Pihak Phalangis langsung membalas bersama laksanakan pembantaian terhadap sekelompok orang Palestina yang tengah berada di sebuah bus. Peristiwa itu bersama cepat beralih menjadi suatu perang besar pada golongan Kristen & golongan Islam yang didukung oleh gerilyawan Palestina.

Pemerintah Sulayman Franjieh (Presiden Libanon 1970-1976) tidak bisa melerai pihak-pihak yang berperang. Pada bulan Januari 1976 sebuah delegasi berasal dari Suriah mencoba mengadakan perundingan bersama beragam kelompok yang terlibat di dalam peperangan. Tetapi mereka menemui kegagalan, sebab konsep perdamaian yang diajukan tidak diterima oleh pihak-pihak yang berperang. Pertengahan 1976, yaitu saat pasukan Islam & Palestina berada di ambang kemenangan, pasukan Suriah memasuki Libanon untuk menolong golongan Kristen.

Pemerintah Elias Sarkis (Presiden Libanon 1976-1982) termasuk tidak bisa menangani perang saudara di Libanon. Setelah mencoba untuk membangun ulang angkatan bersenjata Libanon yang terpecah bersama jalur melepas AB berasal dari kepentingan pihak-pihak yang bertikai. Tetapi bisnis Sarkis tidak banyak mempunyai hasil. Situasi Libanon terhadap periode Sarkis apalagi makin lama tidak menentu. Pertempuran yang pada awalnya berlangsung pada golongan Islam atau Palestina melawan golongan Kristen berkembang menjadi pertempuran antar kelompok, baik sesama Islam, sesama Kristen, Islam lawan Palestina, maupun sesama Palestina sendiri. Pada tahun 1979 makin lama meningkatnya pertempuran tidak hanya melumpuhkan pemerintahan pusat di Beirut, tetapi termasuk sudah menghancurkan infrastuktur perekonomian Libanon. Di Kalangan rakyat tumbuh rasa pesimisme yang kuat akibat kehancuran ekonomi. Tidak sedikit orang-orang kaya di Libanon meninggalkan negerinya.

Awal 1980-an ditandai oleh bermunculannya milisi-milisi bersenjata baru yang lebih dari satu besar berafiliasi bersama negara-negara lain. lebih dari satu besar berasal dari mereka merupakan pecahan berasal dari kelompok-kelompok yang sudah ada. Diantaranya adalah Hizbullah (Syiah), Partai Nasional Liberal (Maronit), Tahud (Sunni), Murabitun (Sunni), Tentara Pembebasan Palestina, Gerakan Nasional (Nasseris), & Jihad Islam (Syiah), Hizbullah, Tauhid, & Jihad Islam mempunyai interaksi erat bersama Iran. Tentara Pembebasan Palestina (PLO) & Gerakan Nasional mendapat dukungan berasal dari Suriah, sedangkan Partai Nasional Liberal (NLP) merupakan sekutu Israel. Munculnya milisi-milisi itu termasuk pertanda makin lama tajamnya fragmentasi baik di pihak Islam, Kristen, maupun Palestina. Kepentingan yang melatarbelakangi konflik Libanon, yang pada awalnya terpolarisasi pada pihak yang anti & pro standing quo sudah mengalami pergeseran. Sekarang tiap-tiap milisi atau kelompok miliki latar belakang kepentingan tiap-tiap di dalam konflik Libanon. NLP & SLA (Tentara Libanon Selatan) menghendaki sebuah negara Libanon yang bersekutu bersama Israel. Sebagian kelompok seperti Phalangis, Murabitun, Amal (Syiah), & Partai Sosialis Progresif (Druze) masih selalu mendambakan kemerdekaan penuh Libanon.

Sejak tahun 1982 berlangsung lebih dari satu moment perlu yang sedikit membuat perubahan peta politik Libanon. Pada bulan Juli 1982 pasukan Israel melancarkan ofensif ke Libanon Selatan. Dengan dukungan milisi SLA, mereka sukses mengusir lebih dari satu besar gerilayawan Palestina yang tergabung di dalam Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) berasal dari wilayah Libanon. Pada tanggal 14 September 1982, Presiden Libanon Basyir Gemayel (pengganti Elias Sarkis) dibunuh oleh kawan-kawan politiknya yang termasuk berasal berasal dari golongan Maronit.

Demikianlah ulasan tentang ”Proses Berlangsungnya Pergolakan di Libanon”, yang terhadap kesempatan ini bisa dibahas bersama lancar. Semoga ulasan di atas berfaedah bagi para pengunjung & pembaca. Cukup sekian & sampai jumpa!

Sumber : https://www.biologi.co.id/6-ciri-ciri-makhluk-hidup/

Baca Juga :