RUANG LINGKUP KEPEMIMPINAN


RUANG LINGKUP KEPEMIMPINAN

RUANG LINGKUP KEPEMIMPINANRUANG LINGKUP KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan dalam Bisnis
Ada alasan kenapa sebagian besar bisnis diatur oleh “bos” atau berbagai lapisan kewenangan dan kepemimpinan – ini adalah model yang menghasilkan sistem efektif dan efisien untuk menghasilkan produktivitas dan profitabilitas. Kepemimpinan sangat penting baik dalam membangun kekuatan dan kekuasaan organisasi maupun dalam membantu untuk mengelola hubungan serta sumber daya.

Karyawan membutuhkan kepemimpinan untuk menunjukkan arah kepada mereka, memotivasi dan menginspirasi untuk melakukan yang terbaik dan dapat megontrol karyawan atau mencegah tindakan yang dapat merusak bisnis secara keseluruhan; sementara pelanggan dan klien membutuhkan kepemimpinan untuk menginspirasi kepercayaan dan keyakinan dalam produk atau bisnis jasa.

Kepemimpinan juga penting dalam memastikan kelancaran organisasi secara keseluruhan – untuk memastikan bahwa karyawan secara  kompensasi berbisnis adil, tepat waktu dan bahwa para pemegang saham puas dengan investasi mereka.

Studi menunjukkan bahwa 80% dari masalah yang dialami dalam organisasi adalah orang-orang yang memiliki kepemimpinan baik selalu menguntungkan organisasi secara keseluruhan. Dengan kepemimpinan yang baik, anggota tim akan merasa dihargai dan merasa bagian integral dari perkembangan organisasi – ini memberikan manfaat besar untuk bisnis.

Kepemimpinan di rumah
Lingkungan di rumah juga miirip seperti bisnis atau organisasi dan penting bahwa “kepala” rumah tangga (misalnya. Anda dan pasangan Anda) memberikan kepemimpinan efektif untuk membimbing anggota lain dalam keluarga dan mempertahankan suasana damai rumah tangga . Jika gagal dalam tugas kepemimpinan bersama, maka masalah akan sering menyebar – antara anak dan orang tua, antara saudara kandung atau bahkan antara suami-istri itu sendir.

Kepemimpinan di dalam rumah tangga dengan  dapat dilakukan memberi contoh baik dan memahami konsep kepemimpinan untuk membantu menciptakan suasana yang lebih baik bagi anggota keluarga lainnya untuk berkembang.

Kepemimpinan dalam Kehidupan Sehari-hari

Meskipun Anda tidak secara formal mengelola sekelompok orang, masih ada situasi di mana kepemimpinan dapat memainkan peran penting. Hubungan sehari-hari, seperti halnya manajer bank, dengan perdagangan orang, dengan staf layanan – dapat ditingkatkan jika Anda menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang memungkinkan Anda untuk “mengambil alih” dan mendorong hasil positif dari sudut pandang Anda, sementara tetap mempertahankan yang baik hubungan dengan pihak lain.

TEORI KEPEMIMPINAN

1 Teori “Great Man” manusia hebat
Pernahkah Anda mendengar seseorang digambarkan sebagai “dilahirkan untuk memimpin?” Menurut sudut pandang ini, pemimpin besar hanya lahir dengan karakteristik internal yang diperlukan seperti karisma, keyakinan, kecerdasan, dan keterampilan sosial yang membuat mereka pemimpin alami sejak lahir.

Teori Great Man menganggap bahwa kapasitas kepemimpinan sudah melekat, sejak pemimpin tersebut dilahirkan, tidak dibuat. Teori ini sering menggambarkan pemimpin besar sebagai heroik, mitos dan ditakdirkan untuk menduduki kepemimpinan bila diperlukan. Istilah “Great Man” digunakan karena, pada saat itu, kepemimpinan dianggap sebagai kualitas laki-laki, khususnya dalam hal kepemimpinan militer.

2 Teori Trait
Teori Trait hampir serupa dengan teori Great Man, teori trait berasumsi bahwa orang yang mewarisi sifat tertentu dan sifat-sifat yang membuat mereka lebih cocok untuk kepemimpinan. Teori Trait sering mengidentifikasi kepribadian tertentu atau karakteristik perilaku bersama oleh para pemimpin. Misalnya, sifat seperti kepercayaan diri dan keberanian semua sifat-sifat yang mungkin saja dikaitkan dengan pemimpin besar.

Jika sifat-sifat tertentu adalah kunci dari kepemimpinan, maka bagaimana kita menjelaskan orang-orang yang memiliki kualitas-kualitas tetapi bukan pemimpin? Pertanyaan ini adalah salah satu kesulitan dalam menggunakan teori trait untuk menjelaskan kepemimpinan. Ada banyak orang yang memiliki ciri-ciri kepribadian yang terkait dengan kepemimpinan, namun banyak dari orang-orang ini tidak pernah mencari posisi kepemimpinan.

3 Teori Kontingensi
Teori kepemimpinan kontingensi fokus pada variabel tertentu berkaitan dengan lingkungan yang mungkin menentukan gaya tertentu dari kepemimpinan yang paling cocok untuk situasi tertentu. Menurut teori tersebut, tidak ada gaya kepemimpinan yang terbaik dalam segala situasi. Kesuksesan tergantung pada sejumlah variabel, termasuk gaya kepemimpinan, kualitas dari pengikut dan aspek dari situasi.


Baca juga: https://veragibbons.com/battlefield-frontline-city-bff-apk/