Security Adalah

Security Adalah

Security Adalah 

Security Adalah

Security
Sistem keamanan firewall banyak diaplikasikan. Firewall dirancang untuk menjaga sistem dari akses luar Firewall dapat diimplementasikan dalam hardware, software, atau gabungan keduanya. Firewall khususnya banyak dipakai dalam jaringan Internet, yaitu akses jaringan pribadi yang terhubung Internet, khususnya Intranet.Sebuah perusahaan dengan Intranet dan akses Internet biasanya menginstal firewall untuk menjaga data dari penyalahgunaan pihak luar. Semua pesan yang masuk dan keluar intranet melewati firewall akan memeriksa setiap pesan yang tidak sesuai dengan criteria keamanan sistem. Adapun beberapa teknik firewall :
• Packet Filter
Setiap paket yang masuk dan keluar jaringan akan diterima atau ditolak berdasar aturan yang telah dibuat. Penyaringan paket ini cukup efektif dan transparan, tetapi susunannya sangatlah kompleks
• Application Gateway
Menggunakan mekanisme keamanan untuk aplikasi tertentu seperti FTP dan Telnet server. Teknik ini sangat efektif, tetapi dapat menurunan kinerja jaringan atau komputer
• Cirucuit Level Gateway
Menggunakan mekanisme keamanan ketika koneksi Transmission Control Protocol (TCP) atau
User Datagram Protocol (UDP) dilakukan. Begitu tersambung, paket melewati host tanpa pengecekan lebih lanjut.
• Proxy Server
Teknik ini menangkap semua pesan yang keluar dan masuk jaringan. Proxy server menyembunyikan alamat jaringan sebenarnya. Dalam prakteknya, firewall diimplementasikan menggunakan beberapa teknik sekaligus.
• Sales and E-commerce/ E-business
Merupakan kegiatan perdagangan, mulai dari pemasaran, penjualan, promosi, transfer uang, yang dilakukan via Internet. Namun masalah keamanan dalam melakukan transaksi di Internet harus diperhatikan. Metode pembayaran yang lebih aman saat ini sedang dikembangkan untuk menghindari kerugian yang lebih besar.
• Montly Phyton and Privasi
Monthy Phyton fans atau lebih dikenal dengan spamming. Spam merupakan praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah group atau email yang bisa dibilang tidak sah. Spamming mengkibatkan terhambatnya arus informasi, dan masalah ini telah mendorong pengembangan program cancelbots. Program ini berfungsi menghapus pesan spam secara otomatis.Isu privasi juga menjadi perhatian utama dalam sistem internet, sebab tiap orang bebas mengunjungi situs di internet dan dapat mendeteksi kegiatan kita. Dengan spyware misalnya,tiap situs yang kita kunjungi dapat dideteksi oleh sipengirim spyware itu.Program privasi seperti anonymous browser, yang dapat memilih pilihan membajak sesuai keinginan kita. Anonymous memungkinkan seseorang untuk mendownload file dari server.
Pengguna tanpa account dapat mengakses file-file dengan tanpa memasukan username dan memakai alamat e-mail sebagai password. Karena setiap orang dapat mengakses file yang diset untuk anonymous, maka webmaster harus selalu berhati-hati menaruh file untuk konsumsi umum.

Baca Juga :