Sejarah Akuntansi Adalah

Sejarah Akuntansi Adalah

Sejarah Akuntansi Adalah

Sejarah Akuntansi Adalah

Sejarah Akuntansi Adalah

Tidak banyak orang yang mengetahui dari mana sih asalnya akuntansi itu, bahkan mungkin termasuk juga kita. Untuk membantu teman-teman mengenal akuntansi, ada sedikit info tentang sejarah akuntansi nih. Yuk, simak liputannya.

Berdasarkan catatan yang ada

Akuntansi yang paling tua ditemukan pada sekitar 3.600 sebelum masehi di Babylonia, yaitu penemuan berupa catatan pembayaran gaji pada lempengan tanah liat.

Di Inggris, sistem pencatatan mulai dianut pada abad ke XI.

Ketika itu sistem pencatatan dilakukan atas perintah dari William the Conqueror yang dimaksudkan untuk mengetahui sumber-sumber keuangan kerajaan.
Pada masa lampau, akuntansi hanya digunakan untuk aspek yang sifatnya terbatas pada operasi keuangan khusus atau perusahaa milik negara. Jadi, pada saat ini belum ada sistematika akuntansi untuk seluruh transaksi, yang ada hanyalah untuk tipe khusus atau bagian-bagian dari transaksi.

Akuntansi yang lengkap untuk perusahaan

kemudian baru timbul di dunia usaha karena adanya dorongan kebutuhan akan sistem pencatatan tertentu dari kantor dagang di Itali, Roma. Pada dasarnya, akuntansi berkembang dari Tata Buku Berpasangan. Sistem Pembukuan (Tata Buku) Berpasangan (Double Entry System) untuk pertama kalinya diperkenalkan di Itali pada tahun 1949. Yang pertama kali mengetengahkan sistem ini adalah LUCAS PACIOLI.

 

Seorang rahib Franciscan di Itali yaitu

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Seorang ahli ilmu pasti yang mengajar pada beberapa universitas di Perugia, Naples, Pisa dan Florence.
Bukti-bukti menunjukkan, bahwa Pacioli bekerja sama dengan kaum intelektual (cerdik-cendikia) lainnya, seperti misalnya dengan Leonardo da Vinci. Mereka bekerja sama dalam pembuatan pelajaran “Ilmu Pasti”. Teks (uraian) dibuat oleh Pacioli dan ilustrasinya dibuat oleh da Vinci. Buku ilmu pasti yang diterbitkan pada tahun 1494 itu berjudul “Summa De Arithmatica, Geometria, Proportioni Et Proportionalita”. Dalam buku tersebut, salah satu bagiannya berisi pelajaran akuntansi yang ditujukan untuk kepentingan para pengusaha. Bagian yang membahas akuntansi untuk para pengusaha itu terdiri dari 37 Bab dengan judul utama bagian “Tractatus De Computis Et Scriptorio”.

Oleh karena Pacioli merupakan

Orang pertama yang menulis pelajaran akuntansi, maka para pengikutnya menamakan dia sebagai “Bapak Akuntansi” (The Father of Accounting). Sebenarnya, sebelum Pacioli menulis pelajaran akuntansi itu, sudah ada karya tulis di bidang akuntansi dalam bentuk “manuscript” (naskah). Naskah itu hanya digunakan dalam lingkungan terbatas saja. Misalnya, karya tulis Benedetto Cotrugli baru diterbitkan tahun 1573, padahal naskahnya sudah ditulis satu abad sebelumnya. Jadi dengan demikian, penamaan “Bapak Akuntansi” pada Pacioli hanya karena berdasarkan karya tulisnya sebagai naskah yang paling dahulu (pertama) diterbitkan untuk umum.