komputer generasi keempat

Sejarah Komputer Generasi keEmpat

Akhirnya tiba di artikel komputer generasi keempat. Pada artikel keempat agak panjang, selamat membacar …

Komputer Generasi Keempat

Setelah IC muncul, tujuan Pengembangan Komputer menjadi lebih jelas, yaitu mengurangi ukuran sirkuit dan komponen elektronik. Large Scale Integration atau LSI dapat memuat ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian pada 1980-an, Very Large Scale Integration atau VLSI berisi ribuan komponen dalam satu chip.

Sejarah Komputer Generasi Keempat

Sejarah komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Perbedaannya adalah bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak 1970 telah ada dua perkembangan yang dianggap komputer generasi IV.

Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI), juga dikenal sebagai Bipolar Large Large Integration. LSI adalah pemadatan ribuan IC yang disatukan dalam chip IC yang disebut chip. Chip Istilah digunakan untuk menunjukkan pelat persegi panjang yang mengandung sirkuit IC terintegrasi. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.

GordonMoore, penemu Microprocessor Company Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4-bit yang menggunakan chip prosesor 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat menjalankan 60.000 operasi per detik. Berlanjut pada tahun 1972, Intel memperkenalkan komputer mikro 8008 yang memproses 8 bit informasi sekaligus.

komputer generasi keempat

Kemudian mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor tujuan umum pertama. Sebelumnya, prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi spesifik, dan 8080 prosesor memiliki kemampuan lebih cepat dan memiliki set instruksi yang lebih kaya, dan memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (warna hijau).

Komputer generasi keempat termasuk IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP / M (Program Kontrol untuk Mikroprosesor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic) Kode Instruksi).

Sebagai catatan bahwa tidak ada komputer generasi keempat ini yang Kompatibel dengan PC atau Kompatibel dengan Macintosh. Sehingga generasi ini belum menentukan standar komputer, terutama komputer pribadi (PC).
karena komputer telah mampu menjadi bidang bisnis yang cerah, munculnya persaingan antara IBM PC dan perusahaan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer.

Apple Macintosh yang menjadi terkenal karena mampu mempopulerkan sistem grafis di komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer berbasis teks. Perusahaan Macintosh juga mempopulerkan penggunaan perangkat keras mouse.

Saat ini kita sudah familiar dengan perjalanan IBM yang kompatibel menggunakan CPU: IBM PC / 486, Pentium, Pentium 2, Pentium 3, Pentium 4 (Seri CPU yang dibuat oleh Intel). Kita juga tahu AMD K6, Athlon, dan lainnya. Semuanya milik komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamur dan berkembangnya penggunaan teknologi komputer di tempat kerja, maka cara-cara baru untuk menggali potensi yang ada pada komputer terus dikembangkan. Dengan penguatan komputer mini, komputer dapat dihubungkan secara bersamaan di jaringan (bersih) untuk berbagi memori, perangkat lunak, informasi, dan juga untuk dapat berkomunikasi satu sama lain pada satu waktu.

Jaringan komputer memungkinkan komputer untuk membentuk kolaborasi elektronik untuk menyelesaikan proses tugas. Dengan menggunakan teknik perkabelan langsung (misalnya, jaringan area lokal, LAN), atau kabel telepon, maka jaringan ini dapat berkembang menjadi jaringan yang sangat besar dan berkembang.

Demikian pembahasan tentang komputr generasi ke empat. semoga bermanfaat..

Sumber : https://www.Videomax.co