Sejarah Pendidikan

Sejarah Pendidikan

Sejarah Pendidikan

Sejarah Pendidikan

Sejarah Pendidikan

Sejarah pendidikan merupakan sejarah yang mengkaji pendidikan

yang meliputi sistem pendidikan, persekolahan dan gagasan-gagasan masyarakat tentang pendidikan, keagamaan dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, dalam wujud historiografinya, sejarah pendidikan sulit di bedakan dengan sejarah intelektual jika yang di kaji mengenai  gagasan pendidikan (Supriatna, 2006).


Silver (dalam Sjamsuddin, 1992)

mengatakan Dinegara-negara barat (Amerika dan Eropa) perhatian sejarah pendidikan telah begitu nampak sejak abad ke-19, dan pentingnya sejarah pendidikan tersebut digunakan berbagai macam tujuan, terutama sekali untuk membangkitkan kesadaran bangsa dan kesatuan kebudayaan, pebgembangan profesi guru, atau kebanggan terhadap lembaga-lembaga dan tipe pendidikan tertentu (FIP UPI, 2007).

 

Sjamsuddin (dalam FIP UPI, 2007)

menjelaskan bahwa esendi pendidikan itu sendiri sebenarnya sangat luas mengingat ia berperan sebagai transmisi kebudayaan (ilmu pengetahuan, teknologi, ide-ide, nilainilai spiritual dan estetika) dari generasi ke generasi. Oleh karena itu usia sejarah pendidikan-pun sama halnya dengan pendekatan historiografi sejarah secara umum, yakni lebih menekankan pendekatan diakronik.

 

Pendekatan diakronik yang lazim di gunakan

dalam sejarah dapat di ibaratkan penampang batang kayu yang vertical, yang menunjukkan perkembangan dari titik awal bergeral dari fase ke fase berikutnya, dengan perkataan lain mengungkap genesis suatu fenomenon. Sedangkan dalam pendekatan singkronik yang lazim digunakan dalam ilmu-ilmu sosial lainnya, dapat di ibaratkan penampang lintang atau horizontal. Artinya dalam pendekatan ini memandang fenomena sebagai suatu unit atau sistem. Fungsi dan strukturnya di terangkan bagaimana bekerjanya bagian-bagian unit itu salaing berkaitan dan fungsinya secara bersama-sama mendkung fufsi unit itu (Kartodirdjo dalam FIP UPI, 2007)

Sumber : https://www.minds.com/danuaji88/blog/understanding-and-examples-of-explanatory-texts-994746403099279360