Solusi Sederhana untuk Smartphone Masuk ke Dalam Air


Solusi Sederhana untuk Smartphone Masuk ke Dalam Air

Solusi Sederhana untuk Smartphone Masuk ke Dalam Air

Air menjadi musuh utama untuk barang elektronik tak terkecuali ponsel

atau smartphone. Pasalnya, perangkat elektronik akan rusak jika jatuh atau kemasukan air.

Walaupun saat ini banyak smartphone yang dibekali dengan sertifikat anti air, akan tetapi fitur tersebut cuma tersedia di ponsel pintar kelas atas. Sementara kelas menengah ke bawah sangat jarang bahkan kemungkinan besar tidak ada sertifikat anti airnya.

Untuk itu HR Online akan memberikan solusi buat smartphone yang terjatuh atau masuk ke dalam air, seperti yang dirangkum dari okezone serta Wikihow.

# Jangan panik

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik

, namun secepatnya ambil tindakan dengan mengeluarkan smartphone yang terjatuh ke dalam air. Sebab, jika tidak segera diangkat ponsel tersebut, maka air yang masuk akan banyak sehingga kemungkinan besar menyebar ke komponen yang lain.

# Smarphone jangan digoyang atau ditiup

Smartphone yang sudah diangkat dari air, hal yang jangan sampai dilakukan adalah menggoyangkan ponsel, karena itu bisa membuat air akan pindah ke bagian yang lain, terlebih mengenai komponen yang fital. Bukan hanya digoyang, ditiup juga sama jangan dilakukan.

#Buka semuanya

Setelah diangkat smartphone tersebut, kemudian copot semua casing

sampai aksesoris serta baterai. Hal tersebut dilakukan agar smartphone tidak korslet, karena sifat air mengantarkan arus listrik baik tegangan kecil maupun besar.

Untuk baterai sistem tanam atau yang tidak dicopot, bisa dengan mematikan smartphone Anda. Jangan ketinggalan lepas juga SIM card serta kartu memori agar tidak rusak.

 

sumber :

https://imii.co.id/