Tips Tetap Sehat Meskipun Duduk Seharian

Karyawan biasanya menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk memandangi layar komputer. Sekalipun terlihat santai, duduk sepanjang hari dapat menyebabkan masalah kesehatan. Padahal, orang yang bekerja di kantor harus selalu sehat dan bugar untuk bekerja dengan baik. Lihatlah tips untuk tetap sehat bahkan setelah duduk di kantor berikut sepanjang hari.

Kiat untuk tetap sehat bahkan ketika duduk di kantor sepanjang hari
Menjadi aktif adalah bagian dari gaya hidup sehat. Sayangnya, sebagian besar karyawan menghabiskan waktu mereka duduk dengan tenang di belakang meja.

Tips Tetap Sehat

Padahal, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, mulai dari wasir, nyeri pada otot leher, nyeri punggung dan pinggang serta obesitas (kegemukan).

Jadi apa yang harus dilakukan karyawan untuk menghindari masalah kesehatan ini? Tentu saja, mengakali tubuh agar tetap aktif.

1. Lakukan peregangan sederhana

Sumber: Vortala (gambar ekstensi kaki)
Duduk sepanjang hari tidak berarti Anda tidak bisa bergerak secara aktif. Bahkan, Anda dapat meluangkan waktu untuk melakukan peregangan sederhana bahkan saat Anda sedang duduk.

Gerakan peregangan dapat membantu mengurangi tekanan, stres, dan ketegangan pada otot-otot tubuh, sehingga dapat menghindari nyeri otot.

Berikut ini beberapa tips untuk melakukan peregangan yang bisa Anda lakukan di kantor agar tetap sehat.

Ekstensi kaki
Duduk tegak di kursi. Kemudian angkat satu kaki ke depan. Tahan selama tiga hitungan dan ulangi untuk kaki lainnya. Lakukan hingga 3 set dengan 10 kali per kaki.

Lingkaran lengan
Tetap tegak. Rentangkan lengan Anda ke samping, membentuk huruf T. Putar bahu Anda ke depan sebanyak 20 putaran dan kembali dengan jumlah yang sama. Ulangi gerakan 2-3 kali untuk mencegah sakit leher. Dengan cara ini Anda akan tetap bugar dan sehat saat berada di kantor.

Duduk
Buat peregangan ini di kursi yang tidak memiliki roda agar lebih aman. Duduk tegak dengan kaki rata di lantai. Tempatkan tangan Anda di samping tubuh Anda dengan menyentuh genggaman.

Bersandar pada tangan dan kaki, angkat tubuh sehingga bokong sedikit melayang di atas bangku. Pegang tubuh selama 3 hitungan, lalu letakkan bokong kembali di kursi. Lakukan 10 pengulangan.

2. Pilih untuk minum menggunakan cangkir
jenis air minum, air putih, air suling, air murni, air suling
Agar tetap sehat walaupun Anda duduk di kantor sepanjang hari, pilih untuk minum dalam gelas atau gelas daripada dalam botol. Mengapa?

Menggunakan botol minum membuatnya lebih mudah untuk minum lebih banyak. Sayangnya, ini juga bisa menghilangkan kemungkinan bergerak aktif.

Menggunakan cangkir atau gelas memungkinkan Anda untuk bangun, bangkit dan berjalan dari kursi Anda untuk mengisi cangkir dengan air. Meskipun tampaknya sepele, tindakan ini dapat membuat tubuh Anda aktif bahkan jika pekerjaan Anda dihabiskan untuk duduk.

3. Bawa bekal tapi jangan makan di meja kerja
pasokan anak-anak
Cara selanjutnya untuk tetap sehat di kantor adalah membawa makan siang dari rumah. Persediaan buatan sendiri dijamin lebih bersih dan bergizi daripada membeli di pinggir jalan.

Namun, agar lebih sehat, Anda tidak boleh makan di meja kerja. Pilih makan di luar ruang kantor, yang memungkinkan tubuh Anda bergerak dan membakar kalori.

Selain tidak mengotori meja, makan di tempat lain juga mencegah konsentrasi saat makan terganggu di tempat kerja. Dengan cara ini, Anda bisa makan dengan tenang, tanpa harus memeriksa pekerjaan ini dan itu.

4. Perhatikan posisi duduk, posisi keyboard dan monitor komputer
postur tubuh yang ideal
Posisi duduk yang salah, posisi keyboard dan layar komputer dapat menyebabkan masalah otot dan postur yang buruk. Jadi untuk tetap sehat, Anda juga harus mempertimbangkan postur saat duduk di kantor.

Jangan duduk dengan tubuh dimiringkan ke depan, ke belakang atau ke samping.

Dengan cara ini Anda dapat duduk dengan nyaman, letakkan keyboard, monitor, dan mouse pada posisi yang benar. Pastikan monitor tidak jauh sehingga mata Anda nyaman tanpa menyipitkan mata saat melihat layar.

Tempatkan mouse di area yang mudah dijangkau oleh tangan Anda. Tempatkan keyboard senyaman mungkin dengan tangan Anda.

Baca juga: